Find
You are here - Home > Multimedia TI
Main Menu
Home

Subjects
> Multimedia
> Algoritma & Struk Dat SI
> Alg - Pemrograman TI
> Praktikum PKomp & Net
> Arsitektur Enterprise
> Program Jaringan
> Kompiler
> Program Keahlian 1 SI
> Struktur Data
> Sistem Operasi

Points


PSM & KP

Download Area

Welcome!

IM 2023 Multimedia adalah matakuliah dengan bobot 3 sks untuk jurusan Teknik Informatika UKDW sebagai matakuliah pilihan.

Deskripsi:
Multimedia adalah penggabungan beberapa buah media yang berlainan dalam sebuah program interaktif. Matakuliah ini memberi pengenalan tentang berbagai jenis media (teks, gambar, audio, dan video), definisi beserta karakteristiknya, cara penyimpanan, dan manipulasinya.

Tujuan :

Setelah menyelesaikan matakuliah ini, diharapkan mahasiswa akan:
- Mampu mengenali berbagai format media dan karakteristiknya,
- Mampu mengkombinasikan penggunaan berbagai media untuk menyampaikan informasi secara efektif
- Memiliki pengetahuan dasar mengenai tools perangkat lunak, maupun bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk merancang aplikasi multimedia yang efektif dan interaktif

Hari dan Waktu :
Kuliah : Senin 07.30 09.50 dan Rabu 07.30 - 09.50 di P.33
TTS :
TAS :

Praktikum:
Koordinator Praktikum: Alphone Roeswanto, S.Kom
Selasa, Rabu, Kamis, Jumat pukul 10.30-13.00

Silabus & Materi

Perkenalan dan Silabus Multimedia

Pengantar Multimedia
1 Definisi Multimedia
2 Pentingnya dan Perkembangan Multimedia
3 Karakteristik Multimedia
4 Media dan Data Stream
5 Karir di bidang multimedia

Teks, Gambar dan Grafik
1. Jenis Teks: Unformatted, Formatted dan Hypertext
2. Gambar: definisi, format
3. Grafik: definisi, hardware (input dan output)
4. Transmisi gambar
5. Contoh Software

Aplikasi Audio dan Suara
1. Definisi Suara
2. Audio Digital: Pengkodean Audio Digital
3. MIDI: konsep, perangkat keras dan lunak
4. Berbagai format audio
5. Contoh Software

Video
1. Definisi dan representasi video
2. Transmisi Video
3. Format File Video
4. Karakteristik
5. Contoh Software

Animasi
1. Macam-macam Animasi: Cell, Sprite, Frame, Path, Spline, Vektor, Character
2. Proses Pembuatan Animasi 3D
3. Contoh Software

Kompresi & Kompresi Teks
1. Definsi Kompresi
2. Lossy dan Lossless
3. Jenis-jenis kompresi teks

TTS

Kompresi Citra
- Tipe-tipe kompresi citra: GIF, TIFF, JPEG, dan PNG

Kompresi Audio dan Video
- Tipe-tipe kompresi suara: ADPCM, LPC, MP3
- Tipe kompresi video: MPEG, DivX

QoS dan Protokol Multimedia
- Qos: Frame Loss, Error Rate, Throughtput, Kualitas Video
- Protokol: IP, TCP, UDP, RTP, RTP, RTSP, dan HTTP

Aplikasi Multimedia
- Media Presentasi Visual
- Media Penyimpanan (storage)
- Software Multimedia

Perancangan Proyek Multmedia dan Presentasi Tugas Akhir

TAS

Daftar Pustaka

Multimedia: Computing, Communications and Appications, Steinmetz & Ralf, Prentice Hall, 1995

Multimedia Communications: Applications, Networks, and Standards, Fred Halsall, Addison-Wesley, 2001

Multimedia Alat untuk Meningkatkan Kebutuhan Bersaing, M. Suyanto, Penerbit Andi Yogyakarta, 2003

Sistem Multimedia dan Aplikasinya, Tri Daryanto, Penerbit Graha Ilmu, 2005

Digital Multimedia, Nigel Chapman, Jenny Chapman, Wiley, 2004

Fundamentals of Multimedia, Mark S. Drew, Ze-Nan Li, Prentice Hall, 2003

Penilaian
> 85 A
70-85 B
50-69 C
30-49 D
0-29 E
Distribusi Nilai
TTS : 30
TAS : 30
Praktikum : 40
Presensi : 5
Jumlah : 105
Aturan Lain
1. Mahasiswa berpakaian rapi dan sopan
2. Toleransi keterlambatan 15
3. Tidak hadir maksimal 25% dari pertemuan. Jika tidak, tidak diperbolehkan TAS.
 


Home | Pemrograman Jaringan | Kompiler | Program Keahlian | Assigments | Points | Download Area

Copyright Antonius Rachmat C.