KAUMAN: the #1 Experiencing Space

diskusi pada pertemuan ke-2 setelah makrab, memberikan ide untuk segera melakukan studi lapangan di daerah sekitar jogjakarta. kebutuhan akan merasakan petualangan meruang bersama dengan rekan sekelas akan mendapatkan informasi yang kurang lebih sama untuk menggali informasi ruang sebagai bahan diskusi nantinya.

mengapa kok milih kauman?

pertama, kauman memiliki karakter yang kuat sebagai ruang, dimana kauman itu sendiri di’batasi’ oleh jalan raya dan jejeran permukiman. aksesibilitas yang unik dan gerbang yang menarik.

kedua, kauman menjadi ruang yang berbeda ketika bulan ramadan tiba, menjadi ruang yang terbuka untuk kegiatan jual-beli makanan khas buka puasa. ruang yang terbuka itu adalah lorong, yang berubah fungsi dari ruang sirkulasi menjadi ruang komersial.

ketiga, banyak rekan 2008 yang berasal dari luar jawa, sehingga KAUMAN akan memberikan informasi penting bagi mereka, mengenai sebuah kedudukan ruang pada ruang yang skalanya lebih besar [baca: ruang kauman dalam skala ruang jogjakarta]. walau masih terlalu dini, tapi ini merupakan awal yang menarik mengenai pengalaman meruang dan kesadaran akan skala pengalaman meruang.

hasilnya…sungguh menarik.

saya meminta semua mahasiswa untuk mempublishkan pengalaman meruang di kauman pada blog. sekedar menyalurkan kenarsisan kreatifitas menulis yang dapat diakses di ruang maya, sehingga menjadi kekayaan informasi mengenai kauman.

segera setelah saya susuri semua blog rekan2 petualang ‘ruang’, akan saya sharingkan apa yang didapat selama berpetualang di ruang-ruang kauman.

tunggu saja

3 Responses

  1. [...] ini adalah pemenuhan janji di masa [...]

  2. kereeen….
    akhirnya jadi juga nih blog!
    he..he..
    bagus, bersih, dan interaktif!
    selamat ya bu imeng…

  3. Bu Imelda ini blog saya..
    silahkan disimpan..
    terima kasih..

Leave a Reply