game engine (AI)

Mempelajari mengenai AI (artificial intelligence / kecerdasan buatan) dalam Game dan penerapannya. Kelas ini dibagi dalam kelompok-kelompok mandiri sebagai sarana mahasiswa untuk belajar, berproses dan mencoba mempraktekkan apa yang didapatkan dari teori, serta menemukan ide-ide baru dalam bidang Game AI. Tool default yang digunakan dalam matakuliah ini adalah Borland C++ Builder, namun mahasiswa dibebaskan jika ingin mengaplikasikan dengan tool lainnya.

announcements

Rabu, 5 September 2012
Setiap kelompok harap mengumpulkan daftar anggota kelompoknya dengan segera. Terima kasih.

 

rules and adds

General Rules
Presensi tidak dihitung dalam nilai
Kehadiran minimum 75% untuk dapat mengikuti TAS
Bekerja sama dalam ujian mendapatkan nilai F
Tidak ada ujian susulan maupun extra project

Grades
Standard range grade: A >= 85
Tidak ada nilai D, <55 mendapat nilai E

Scoring components
SISTEM Semi KBK
  25 Quiz&Case Solving
  20 TTS
  20 TAS
  10 Project Idea Presentation
  25 Project Presentation
  5 English Bonus
105 TOTAL

references

Artificial Intelligence for Games: Second Edition (Ian Millington, John Funge - New York: Morgan Kaufmann, 2009)

Foundation HTML5 Canvas for Games and Entertainment (Rob Hawkes - Apress, 2011)

Programming Game AI by Example (Mat Buckland - Massachussetts: Wordware Publishing, 2005)

Additional Reading (applicable for Animation Techniques)
Game Physics Engine Development (Ian Millington - New York: Morgan Kaufmann, 2007)

downloads

about this class

Semester and credit
  Default: 6th semester - MK Pil
  Gasal 2013/2014 - 3 SKS Lab
  Gasal 2012/2013 - 3 SKS Lab
Class type
  Group-based lab class
  Lectures, discussions, practices
  Incubated learning
  13 weeks
Class schedule and place
  Gasal 2013/2014
  Grup A: Rabu 13.30 - Lab H
  Gasal 2012/2013
  Grup A: ???? 10.30 - Lab A
  Grup B: ???? 10.30 - LabTI
After-class consulting schedule
  Berlaku Sem. Gasal 13/14:
  Senin 11.00-13.00
  Rabu 10.00-10.30 (by App)
  Kamis 13.00-14.00
  Jumat 10.00-11.00 (Jika tidak rapat)