grafika game

Matakuliah ini mempelajari mengenai Grafika Komputer dan penerapannya dalam Game.
Apa yang dipelajari di matakuliah ini diantaranya sebagai berikut:

0. Introduksi dan Silabus
1. Pengantar dan Prinsip Grafika
Apa itu Grafika Komputer; Manfaat Grafika Komputer
2. Kanvas dan Primitif Grafika
Piksel, Bitmap dan Vektor; Koordinat Kartesian 2 Dimensi; Koordinat Kartesian 3 Dimensi; Titik dan Garis; Segi Tiga, Segi Empat, Lingkaran, Elips; Poligon; Penerapan Primitif Grafika dalam Program
3. Mengenal Grafika dalam Game
Elemen grafis dalam game; Sprite dan Objek Vektor; Representasi Dunia dalam Game
4. Pemanfaatan Primitif Grafika dalam Game
Gerak Dasar; Lintasan; Deteksi Tumbukan berbasis koordinat; Pathfinding berbasis koordinat
5. Transformasi 2 Dimensi
Geseran/Translasi; Skala/Dilatasi; Rotasi; Shearing; Matriks Transformasi Komposit
7. Implementasi Tiga Dimensi
Mengenal OpenGL; Perintah-perintah dasar OpenGL
8. Grafika Lanjut
(To be determined)

Tugas Akhir:
Project kelompok membuat sebuah Game berdasar prinsip yang sudah dipelajari. Dipresentasikan pada pertemuan terakhir sebelum TAS.

announcements

Minggu, 4 Maret 2012
Nilai sementara sudah upload, silakan digunakan untuk mengecek test yang terlewat. Bagi yang merasa melewatkan test dapat mengikuti susulan saat jadwal TTS matakuliah ybs. Terimakasih

Senin, 21 Januari 2013
Karena Kamis 24 Jan 2013 kuliah libur (tanggal merah), saya minta anda belajar mandiri dengan membaca buku (dan sumber lain), kemudian membuat rangkuman mengenai Kanvas pada komputer dan Primitif Grafika (Graphics Primitives).
Aturan:
1. Bentuk hard copy, maksimum 4 lembar HVS A4 saja, format dan indentasi paragraf: bebas.
2. Tugas ini untuk kelompok, sehingga jangan lupa mencantumkan nama dan NIM seluruh anggota kelompok anda.
3. Tuliskan buku-buku (dan artikel/jurnal/paper, jika ada) yang anda jadikan acuan dan sumber, pada bagian paling belakang dari rangkuman anda.
4. Rangkuman dikumpulkan Jumat (25/1/2013) jam 09.00-11.00 di ruangan saya, seluruh anggota kelompok harap hadir untuk bukti pengumpulan.
Terima kasih.


 

rules and adds

General Rules
Presensi tidak dihitung dalam nilai
Kehadiran minimum 75% untuk dapat mengikuti TAS
Bekerja sama dalam ujian mendapatkan nilai F
Tidak ada remidi dan extra project
Tidak ada test susulan kecuali sakit (disertai surat keterangan dokter)
Aturan kelas dapat dilihat di sini

Grades
Standard range grade: A >= 85
Tidak ada nilai D, <55 mendapat nilai E

Scoring components
SISTEM KBK
  20 TTS
  20 TAS
  25 Test Kecil/Quiz
  10 Idea Presentation
  25 Project Presentation
  5 English Bonus
105 TOTAL

references

Foundation HTML5 Canvas for Games and Entertainment (Rob Hawkes - Apress, 2011)
Interactive Computer Graphics (Edward Angel - New York: Pearson, 2009)
Beginning OpenGL Game Programming (Luke Benstead, dkk. - Course Technology, 2009)
Pengantar Grafika Komputer (Fadlisyah, dkk. - Yogyakarta: Andi, 2007)
Grafika Komputer Teori dan Implementasi (A. Basuki, dkk. - Yogyakarta: Andi, 2006)
Grafika Komputer (Janner Simarmata, dkk. - Yogyakarta: Andi, 2007)
Teori dan Pemrograman Grafika Komputer (Suyoto - Yogyakarta: Gava Media, 2003)

Lab Tool:
 gs1112 OpenGL in Delphi 7 IDE.
 gn1112 OpenGL in C++ Builder IDE.
Demo Tool:
 gn1213 HTML5 using JavaScript.

downloads

about this class

Semester and credit
  Default: 5th semester - MK Pil
  Gasal 2013/2014 - 3 SKS Lab
  Genap 2012/2013 - 3 SKS
  Genap 2011/2012 - 3 SKS Lab
  Gasal 2011/2012 - 3 SKS Lab
Class type
  Regular class
  Lectures, discussions, active
  learning, presentations
  14 weeks
Class schedule and place
  Gasal 2013/2014
  Grup A: Rabu 10.30 - Lab A
  Genap 2012/2013
  Grup A: Kamis 10.30 - D.3.3
After-class consulting schedule
  Berlaku Sem. Gasal 13/14:
  Senin 11.00-13.00
  Rabu 10.00-10.30 (by App)
  Kamis 13.00-14.30
  Jumat 10.00-11.00