four stories to tell

"[Jorge Luis] Borges said there are only four stories to tell: a love story between two people, a love story between three people, the struggle for power and the voyage," Coelho has said. "All of us writers rewrite these same stories ad infinitum."

berjualan suasana

makin banyak saja cafe yang suasananya kena. enak buat bercengkerama, menyediakan berbagai sarana untuk santai.
mungkin suasana seperti itu muncul sebagai perlawanan terhadap suasana tempat kerja yang berlawanan dengannya: tidak santai, tidak nyaman buat bercengkeramana.
tapi dua kutub suasana itu hanyalah dua sisi di kelir wayang yang sama.
keduanya sama-sama produk dari tindakan merancang suasana. suatu tindakan khas arsitek.
arsitek memang harus merancang itu: suasana. sebab arsitektur memang bukan sekadar batas-batas ruang, namun adalah ruang dengan suasana yang khas.
ruang dengan suasana khas sekarang sudah bisa dijual belikan, sudah ada ahli pembuatnya, dan sudah ada pasar pembelinya. entah suasana mencekam, tertib, atau bebas, santai… tinggal pesan saja.

teman ahok

temanhttp://temanahok.com

susah memahami zigzag politik ahok.

ada TEMAN AHOK yang terbentuk karena gubernur petahana [ahok] tidak punya kendaraan politik sehingga bersama TEMAN AHOK ia maju sebagai calon independen.
makin intensnya tekanan partai politik, media melihat adanya kemungkinan ahok meninggalkan TEMAN AHOK dan memilih jalur parpol.

masalahnya jadi masalah etis.
dia maju dengan membangun integritasnya sebagai musuh koruptor, pembela toleransi, pembela transparansi dan pembela kejujuran.
ia dipiih dan dipercaya orang karena hal-hal itu. dengan hal-hal itulah ia membangun elektabilitasnya, dan secara teknis hal itu dimungkinkan karena kerja keras TEMAN AHOK.

tidak terbayangkan kalau ia kemudian meninggalkan TEMAN AHOK.

lalu, apa pentingnya kasus ini dibicarakan?
seperti yang dijadikan tagline oleh website TEMAN AHOK: “kita sedang menulis sejarah” maka kasus ini memang menarik. seseorang sedang membangun simpati dan kekuasaan, tidak lewat dukungan partai politik di dewan perwakilan rakyat, tapi dengan memublikasikan prestasi-prestasi kerjanya ke publik, ke siapa saja yang bisa terjangkau oleh media.

di sini kekuatan media yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi mampu secara cepat dan meyakinkan membentuk opini publik. hal yang dulu dilakukan sukarno dan generasinya melalui tulisan-tulisan tercetak, kini dilakukan oleh ahok dengan media sosial.
integritas pemimpin bisa menuai simpati pendukung dengan memanfaatkan tekonologi komunikasi dan mengubahnya jadi kekuasaan.

tidak terbayangkan bila kemudian integritas dia runtuh.
runtuh pula bangunan kekuasaan dia.

kayaknya begitu.

1 2 3 179