plintheng

plintheng

senjata primitif sebagai pembantu melontarkan peluru supaya lebih jitu, keras dan cepat sampai ke sasaran, plintheng, ini adalah alat dasar anak-anak ketika mereka tengah membangun kegagahan dirinya.
plintheng kemudian dinamai dengan nama yang diambil dari tradisi romawi: catapult, atau di tempat kita jadi ketapel. bila catapult adalah versi besar, maka ada versi portable yang disebut slingshot.
anak-anak suka membawa plintheng. dengan alat ini ia bisa memperpanjang jangkauan pengaruhnya. bisa menyerang sesuatu yang lebih jauh dari jangkauan tangannya. tapi plintheng biasanya cuma saya pakai untuk “menembak” mangga atau jambu tetangga.
kali ini beredar gambar plintheng di media sosial. bukan mengenai fungsinya, tapi kali ini orang menyebarkan gambar tadi karena bentuknya yang menyerupai aksara “V”.
peredaran gambar plintheng di masa tenang jelang pemilihan presiden ini seolah menggantikan simbol “dua jari” yang erat berhubungan dengan capres nomor dua. mengedarkan simbol yang berkaitan dengan capres tertentu dilarang di masa tenang ini.
namun demikian, produksi pesan melalui gambar rupanya dipermudah oleh media sosial, sehingga bila yang satu dilarang maka akan muncul penggantinya.
ini hanya gambar yang berbeda dari gambar sebelumya.
“hanya”?
hehe…

 

1 2 3 168