waarom naar bali?

buku pemberian oom han ini berjudul BALI: PANDUAN PERDJALANAN BAGIAN BANGUNAN FAKULTET TEKNIK BANDUNG. lalu halaman pertama berupa KATA PENGANTAR dengan judul “waarom naar bali?” yang ditandatangani oleh prof. ir. VR. van romondt, tanpa tahun. namun di halaman colophon tertera penunjuk waktu, yakni bulan juni 1954.

tidak banyak yag saya tahu tentang van romondt, penulisnya, selain bahwa beliau sangat dihormati oleh para guru saya dalam disiplin arsitektur. apakah semua guru saya dulu juga menaruh hormat pada beliau? entahlah, yang jelas, saya menghormati cara van romondt menyajikan buku pegangan mahasiswa untuk kuliah lapangan ini.

bagi saya, van romondt terlalu siap untuk bepergian.
bali, yang menjadi tujuan kunjungan kuliah lapangan ini, seolah sudah di tangan dia. gambar-gambar dia cuplik dari bukunya covarubias, lalu rencana hari demi hari juga sudah dia susun kegiatannya, termasuk pilihan kendaraan dan waktu berangkat-perginya.

saya tidak tahu, apakah catatan ini merupakah perapihan dari catatan lapangan aslinya atau memang demikianlah halnya? kondisi fisiknya adalah lembaran-lembaran hasil lichtdruk yang herannya masih bisa terbaca hingga kini setengah abad kemudian.

semuanya menghenyakkan saya mengenai ketelatenan untuk menyiapkan sebuah dokumen. orang ini sudah siapa sejak semula untuk membuat sesuatu yang bakal dikenang. dia sudah bisa menyiasati waktu yang kodratnya memang berjalan terus, sementara kita punya memori atau kenangan yang bisa berjalan bolak-balik. dengan membuat artifak atau tinggalan yang tidak ikut berjalan bersama waktu, yakni dokumentasi, maka peristiwa di masa lalu itu seprti dibekukan. berhenti dan tidak ikut aliran waktu yang di masa modern ini mengalir semakin cepat saja.

ingatan kita pun dibantu untuk nyanthol, berpegangan pada tonggak-tonggak dokumentasi itu. ingatan kita yang pendek itu pun lalu terbantu. bahkan bisa mengenali lagi peristiwa setengah abad lalu seperti halnya buku ini, yang melampaui usia pembuatnya sendiri…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *