弁当 [bentou]

kenji ekuan, disainer produk dari jepang, pernah berujar bahwa kotak makan siang orang jepang [terkenal dengan sebutan bentou] itu memuat filosofi “merangkum yang banyak menjadi satu saja”. maksudnya, keragaman yang ada harus ditemukan esensinya agar hanya menjadi satu.
nah, di dalam kotak makan siang itu ada berbagai hal sebagaimana lazimnya perlengkapan dan bahan makan siang: nasi, sayur, lauk, berikut hachi atau sumpitnya. di dalam sayur tadi pun berkumpul berbagai unsur yang berdatangan dari laut, dari gunung, daratan, hutan dsb.. berbagai keragaman itu harus bisa dirangkum jadi satu tempat atau wadah saja. jadilah sebuah kotak yang bila dibuka maka bagian bawahnya adalah nasi, bagian atasnya adalah berbagai hal yang menyertainya tadi.
hari ini sebagaimana hari-hari yang sudah, saya mencoba menghayati filosofi “merangkum yang banyak menjadi satu saja” dengan membawa bentou ke kampus. isinya, bagian bawah adalah nasi, bagian atas adalah ndhog godhog lalu thokolan, kacang panjang, brokoli, sledri, wortel yang kesemuanya saya guyur dengan sambel pecel madiun…kemudian, bentou saya tadi saya bungkus dengan kain berlapis alumunium untuk mempertahankan kehangatannya.
iini semua, selain buat ngirit, juga saya sedang menghayati zen tadi….
ya, ini kebijakan yang diambil dari zen budhism, yang sangat modernis dan sudah menginspirasi para disainer modern dunia!
[halah… alesan!]

Posted via email from lihatlah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *