nieuwe masigit tjipaganti


saya menemukan gambar masjid ini di jurnal IBT, edisi bulan maret 1934, yang diletakkan sebagai sampul jurnal tadi.

masjid ini masih ada sampai sekarang, berebut tempat dengan bangunan-bangunan lain yang tumbuh di sepanjang jalan naik ke lembang dari bandung itu. prof. cp kemal wolff schoemaker, gurubesar THS bandung, yang menurut pengakuannya pernah juga mengajar bung karno di sana, adalah perancang masjid ini. nama gurubesar ini dsisipi nama arab “kemal”, setelah beliau menikahi orang pribumi dan mungkin juga menjadi muslim. beliau pulalah yang merancang gereja [sekarang] GPIB BETHEL dan KATEDRAL BANDUNG, yang keduanya berada di lingkungan taman merdeka itu. masih banyak lagi karya schoemaker di kota tadi sehingga bandung sering juga disebut sebagai “kotanya schoemaker”, sebagaimana semarang disebut sebagai “kotanya thomas karsten”. paling tidak, itulah yang ditulis di catatan perjalanan arsitek belanda h.p. berlage ketika mengunjungi hindia-belanda di tahun 1923.

ketika jurnal tadi terbit di tahun 1934, masjid ini masih baru. baru saja selesai dibangun oleh aannemer pribumi sunda anggabrata. demikianlah etnisitasnya ditulis di sampul halaman depan jurnal edisi ini. di bagian bawah keterangan gambar yang berbahasa belanda disertakan juga terjemahan bebas dalam bahasa melayu. saya katakan terjemahan bebas karena terjemahan ini tidak setia pada isi teks induknya. di bagian keterangan berbahasa belanda jelas disebutkan etnisitas aanemer tadi, sedangkan di bagian terjemahannya hal itu absen. demikian pula nama bupati bandung disebut dalam teks asli, tapi tidak disebut di bagian terjemahan. mungkin, para pembaca yang berbahasa melayu sudah dianggap tahu kedua nama itu. saya kutipkan terjemahan itu di bawah ini:

Mesdjid baroe ini jang didirikan di Bandoeng menoeroet ontwerp Prof. C.P. Kemal Wolff Schoemaker oleh aanemer Anggabrata adalah seboeah pendirian jang aneh dan tjantik dalam wektoe sekarang. Pada pendirian ini, jang persediaan biajanja ada sangat sedikitnja, dengan pertolongannja Kangdjeng Bopati Bandoeng ada dipergoenakan dengan sangat banjak beberapa hasil kagoenan Boemipoetra jang osali, sedang dalam bangoenannja dapatlah terlihat beberapa gambaran2 Arab, jang njata2 ada selaras dengan keperloean dan maksoed pendirian itoe. Lebih2 jang menarik perhatian ialah perhiasan dari djoebin tanah jang bikinan oleh Keramisch Laboratorium di Bandoeng, sedang perhiasannja dari besi dan semoea bagian2nja kajoe jang terbikin oleh moerid2 Boemipoetra dari gemeentelijke ambachtsschool ada meminta perhatian poela.

gurubesar ini wafat dan dimakamkan di pemakaman kristen pandu, bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *