bangun dan gembira

bangun-gembira

ini merupakan pameran hasil dari pendampingan rekan-rekan seniman fotografi -kelompok mes 56- di kawasan kurban gempa sekitar imogiri, plered dan piyungan bantul. pameran yang diselenggarakan di pendapa kacamatan imogiri [21-25 januari 2007] ini disertai dengan penerbitan buku atau katalog yang bagus setebal 96 halaman oleh MES 56 dan PLAN INDONESIA YOGYAKARTA.

fotografi sebagai sarana pemetaan -begitu istilah mereka- digunakan sebagai alat parsipatoris untuk mengungkapkan dan menganalisis realitas kehidupan masyarakat, merancang sendiri tindakan yang diperlukan dan melakukan pemantauan dan evaluasi.
sample page
dengan memberikan kamera kepada anak untuk digunakan sendiri maka diharap anak-anak terbiasa untuk menyuarakan pendapat dan menampilkan karyanya dengan menarik dan percaya diri, terbiasa untuk mengamati lingkungannya sehingga mereka lebih sadar akan lingkungan tersebut dan dilibatkan serta diperhatikan, mendorong anak agar paham akan perubahan yang diakibatkan oleh bencana.

bagi anak-anak kurban bencana, medium fotografi juga kontributif untuk trauma healing, karena dengan melakukan visualisasi maka kendorlah kadar trauma yang sudah mencekam mereka selama ini.

fotografi di tangan rekan-rekan mess 56 menjadi politis -tidak lagi asyik di dunia estetis mereka sendiri- tapi masuk dan berfungsi dalam jaringan hidup sosial masyarakat. bahkan memberdayakan sekelompok penghuni permukiman yang sering diabaikan suaranya: anak-anak.

untuk menghubungi sekelompok anak muda yang ‘riang gembira’ ini [he..he..] silakan kontak:

mes 56

jalan nagan lor, patehan,

kraton yogyakarta 55133

+62 274 375131

ourmes56@yahoo.com

www.mes56.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *