for profit and prosperity

For Profit and Prosperity: The Contribution Made by Dutch Engineers to Public Works in Indonesia, 1800-2000
For Profit and Prosperity: The Contribution Made by Dutch Engineers to Public Works in Indonesia, 1800-2000

saya menyambut dengan senang ketika mengetahui buku ini ada di dalam senarai buku-buku yang diterbitkan KITLV. tanpa berpikir panjang, saya pesan ke jakarta dan syukurlah masih tersisa satu kopi di sana. rupanya, banyak juga yang meminati buku ini sehingga rentang waktu dua tahun dari terbitnya hanya tinggal sisa satu saja untuk saya.

ini adalah buku sejarah teknologi, demikian dinyatakan dalam pengantarnya. hal yang langka. sebab, sejarah teknologi jarang ditulis. dan sejarah teknologi di sini disandingkan -atau dihubungkan- dengan praktik kolonialisasi: “technology and society are seen as one seamless fabric and technological development as a social process” [p.17:].
pembangunan jaringan jalan, pengairan sawah, rel kereta api, pelabuhan… semuanya adalah usaha-usaha teknologis yang dilaksanakan untuk menegakkan negara hindia belanda, dan yang kemudian bernama indonesia.

buku ini sendiri menghimpun beberapa penelitian mengenai kontribusi pembangunan infrastruktur dan bangunan publik dalam pembentukan negara kolonial hindia belanda tadi. perencanaan irigasi sawah dan perkebunan tebu, pembangunan jaringan transportasi massal kereta api, pembangunan pelabuhan-pelabuhan eksport, jaringan air bersih di kota, pembuangan air kotor, penanganan banjir… yang kesemuanya berkaitan dengan eksistensi negara kolonial.

ada 10 bab ditambah pengantar dan epilog, yang kaya dengan data dan sumber-sumber yang bisa dilacak balik bagi studi lebih lanjut. saya senang dengan munculnya buku ini, meski saya dapatkan baru dua tahun setelah terbit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *