empire of signs

Empire of SignsEmpire of Signs by Roland Barthes

My rating: 5 of 5 stars

siip…
seneng bacanya, meski udah telat kok baru sekarang tahu ada buku sebagus ini. trims untuk kris budiman yang sudah ngomporin baca!

saya senang buku ini sebenarnya bener-bener penilaian personal saja.
pertama-tama, karena buku barthes ini ditulis dengan menggunakan jepang sebagai titik tolaknya. jadi, dengan demikian situasi saya sudah “sama”: sama-sama orang luar yang kesulitan “membaca” atau memahami bagaimana sebenernya mekanisme yang menggerakkan bangsa ini.
barthes memulainya dari perkara-perkara kecil. dari sumpit, judi pachinko, komposisi dan ragam makanan, tulisan dan lukisan, dan berbagai tajuk yang sepele tapi seperti saya bilang tadi, dijadikan titik tolak utk bicara perkara-perkara baru.
dia tidak sedang mendeskripsikan chopstick shg kita ngerti apa dan bagaimana memakai benda itu. tapi dia pakai tajuk ttg chopstick selain membongkar kandungan potensinya utk menunjuk, memungut, memotong/membagi, juga utk bicara mengenai riwayat garpu, sendok, pisau di peradaban barat dan timur. itu hal kedua, yakni bagaimana perkara-perkara sesehari itu digunakan untuk menyingkapkan hal lain yang selama ini potensial terpendam.
buku ini membuat hal-hal sepele tadi jadi berpendar-pendar sehingga yang sepele tidak bisa lagi disepelekan.
saya suka, tenin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *