pameran tunggal seni patung dan launching buku edhi sunarso

paneran edi soenarso di salihara
Edhi Sunarso, 78 tahun, adalah pematung modern Indonesia pertama yang mencetak karyanya dengan bahan logam. Ia memulai karirnya dari seni pahat batu dan kayu di Sanggar Pelukis Rakyat, tetapi kemudian mengembangkan patung dengan teknik cor logam. Meski banyak membuat karya-karya personal, ia lebih dikenal sebagai pematung dengan karya-karya publik. Karya-karya publiknya tersebar, terutama di Jakarta, antara lain patung “Selamat Datang”, “Pembebasan Irian Barat”, “Dirgantara”, dan diorama Monumen Nasional.

Di masa mudanya, selain magang pada pelukis terkemuka Hendra Gunawan, ia pernah mempelajari seni patung realis di Visva-Bharati Rabindranath Tagore University, Santiniketan, India (1955-1957). Corak realis ini pula yang tercermin pada karya-karyanya di ruang publik dan ia ajarkan kepada murid-muridnya di ASRI – kini FSRD ISI – Yogyakarta. Ada juga kecenderungan abstraksi, simbolisasi, dan pemiuhan, terutama pada karya-karya pribadinya. Namun, Edhi Sunarso sendiri mengaku bahwa itu sebenarnya merupakan pengembangan dari kecenderungan figuratif.

Pameran tunggal ini akan menampilkan sejumlah karya pribadi Edhi Sunarso. Akan dipajang pula foto-foto proses awal ketika monumen-monumen di ruang publik itu dibangun, yang memperlihatkan antara lain lanskap Jakarta di masa itu dan Bung Karno selaku penggagas proyek tersebut. Foto-foto dari masa lampau itu diperkaya dengan sepilihan foto masa kini, karya kelompok Liga Merah Putih (Oscar Motuloh, Yori Antar, Syaiful Boen, dan Asfarinal St Rumah Gadang), yang memperlihatkan aktualitas monumen-monumen itu di tengah perubahan kota.

Pameran tunggal seni patung “Monumen” ini akan dibuka pada hari Sabtu, 14 Agustus 2010, pukul 16:00 WIB. Terbuka untuk umum dan gratis, diakhiri dengan acara buka puasa bersama. Diadakan di Galeri Salihara, pameran ini berlangsung hingga tanggal 28 Agustus 2010, Senin-Sabtu pukul 11:00-20:00 WIB, Minggu & hari libur nasional tutup.

Dalam rangka pameran ini juga akan digelar diskusi pada hari Sabtu, 21 Agustus 2010 pukul 16:00 WIB. Bertajuk “Seni Patung, Monumen, dan Ruang Publik” dengan pembicara Jim Supangkat dan Yuke Ardhiati.

GALERI SALIHARA
Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi Ipiet di 0856-4999-0204 atau ipiet@salihara.org, atau kunjungi www.salihara.org.
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai program Komunitas Salihara lainnya, maupun permintaan peta lokasi Komunitas Salihara, silakan hubungi melan@salihara.org atau dita@salihara.org.
Sampai bertemu di Komunitas Salihara!
Komunitas Salihara; Jl. Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520. Tel: 021-789-1202.
(Parkir terbatas, kami melayani pemesanan taksi di tempat.)

Pameran berlangsung hingga tanggal 28 Agustus 2010.
Penyelenggara: Panitia Penerbita Buku dan Pameran Tunggal Edhi Sunarso bekerja sama dengan Galeri Salihara
Partner: Liga Merah Putih
Sponsor: PT Sidola, Drs. John Mamesah, Grand Indonesia , PT Hasta Kreatifa Manunggal
Media partner: Majalah Visual Arts, C-Arts Magazine, Majalah ARTI

Informasi dan kontak selanjutnya, silakan hubungi:
Panitia Penerbitan Buku dan Pameran Tunggal Edhi Sunarso
Jalan Dongkelan No 91 RT 03 Panggungharjo, Sewon Bantul 55188
Kontak person: Barahasti [mobile 0856 283 1147 email barahasti@gmail.com] dan atau Yudianti [mobile 0815 7942 030 email byudianti@yahoo.com]
Telp 0274 7475260
Fax 0274 563 580

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *