riwayat kakus

The Toilet Papers: Recycling Waste and Conserving WaterThe Toilet Papers: Recycling Waste and Conserving Water by Sim Van Der Ryn

yang menjadi pokok perhatian saya adalah bab pertama: notes on the history of easing thyself.  sementara, bab-bab lain melanjutkan pembahasan mengenai bagaimana buangan ini harus dikelola dalam hubungannya dengan ekologi perkotaan dan permukiman modern.

ada beberapa kisah yang disajikan di bab pertama untuk meletakkan persoalan penanganan ‘buangan’ dalam lingkungan hunian. penanganan kebutuhan biologis satu ini jelas tidak melulu alami. tiap lingkungan atau unit kultural atau masyarakat merumuskan bagaimana cara membuang kotoran badan, apa yang baik dan apa yang buruk. sehingga ini merupakan produk kultural dan tidak mengherankan bila ikut masuk juga ke dalam norma-norma suci dan direkam dalam kitab sucinya.

penulis menganggap ada perbedaan tajam antara tradisi barat dan timur dalam melakukan pembuangan kotoran badan ini. jepang dan cina dijadikan representasi timur sedangkan eropa pada umumnya jadi wakil barat. di timur, sudah ada kebiasaan membuang kotoran untuk kepentingan pupuk pertanian, sedangkan di barat baru pada pertengahan abad XIX muncul shower dan kakus [dari kata kakken yang artinya buang air besar dalam bahasa belanda]. sebelumnya, kotoran dibuang di jalan atau ditimbun di suatu tempat [17-19:].

orang inggris adalah yang pertama menggabungkan buangan cair dengan buangan padat. mereka pula yang menemukan toilet duduk, suatu kebiasaan yang sebenarnya kurang baik secara fisiologis, karena tidak alamiah dan justru menyebabkan konstipasi.

paparan singkat dalam bab pertama [dan buku ini secara keseluruhan memang tipis] ini buat saya memberi gambaran perkembangan disain toilet dan konsekuensinya pada rumah tinggal. kegiatan biologis ini ternyata baru terpikir baru-baru saja sebagai kasus disain rumah dan permukiman kota. berabad-abad lamanya kegiatan ini berlangsung ‘alamiah’ begitu saja… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *