realitas rekaan

chaim potok

“All beginnings are hard”

[mencoba melarikan diri dengan membacai buku chaim potok.]

saya memesan tiga bukunya sekaligus, terpengaruh oleh buku favorit pak gerrit singgih: the chosen, my name is asher lev dan the gift of asher lev.
satu lagi yang dalam proses pemesanan: in the beginning. yang duluan datang adalah my name is asher lev. ketiganya adalah buku bekas yang dijual murah di amazon.co.jp meski penjualnya ada di inggris.
namun,
pagi ini saya membacai kisah mengenai potok di website dan wikipedia yang disediakan oleh goodreads [http://potok.lasierra.edu]. website yang juga menyertakan berita wafatnya penulis hebat itu termasuk juga wafatnya bill allen yang menghimpun data potok untuk website tadi.

baru beberapa halaman saya membaca my name is asher lev, sudah langsung terpesona dengan cara atau teknik ia membangun karakter. pembangunan karakter itu bagi saya penting karena sebuah novel adalah usaha menciptakan dunia baru, dunia angan-angan, yang berabad-abad lamanya selalu diciptakan manusia untuk membantunya bertahan di dunia real. novel yang karakternya “tidak jadi” membikin usaha menciptakan dunia angan-angan tadi gagal. novelnya tidak perlu saya baca lanjut karena saya tidak mempercayainya lagi…

dunia nyata kita itu sangat dipengaruhi oleh dunia angan-angan tadi. agama-agama pun menyajikan berbagai jenis mitos untuk pembacanya/umatnya agar pembaca/umat jadi teguh dalam menempuh hidup di dunia nyata. demikian pula wayang yang kisah-kisahnya ikut menentukan sejarah indonesia.

pak pramoedya bagi saya sama kuatnya dengan chaim potok dalam membangun karakter tokoh-tokoh novelnya. karena itu juga buku-buku pak pram melekat di kepala saya, seolah kehidupan tokoh historis tirto adhi soerjo itu berjalan sebagaimana diceritakan olehnya.

hari-hari ini saya memulai baca potok, yang di halaman pertama dari buku “my name is asher lev” mengutip picasso

art is a lie which makes us realize the truth

karakter yang dibangun potok memang kuat, meski itu rekaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *