angel and demon

illuminata

ini film yang lebih bagus penggarapannya dibandingkan dengan davinci code.
saya belum membaca bukunya,
berbeda dari davinci code yang saya baca bukunya maupun saya lihat videonya, buku ini hanya saya lihat filmnya. karena itu kesan saya hanyalah sebagaimana saya tangkap secara visual dari filmnya saja.

namun, diam-diam, saya juga sudah pernah mendengar komentar salah satu pastor yang sudah sering keluar masuk vatican mengenai karya-karya dan brown. dan komentar yang saya dengar agaknya memang mengenai film ini. saya bertemu beliau di gereja nagoya.

film ini menampilkan seluk beluk vatican. gedung-gedung, ruang-ruang di dalamnya, maupun kerumitan birokrasi yang mengatur hubungan-hubungan sosial di sana. tapi, pada hemat saya, informasi mengenai kerumitan ruang-ruang dan hubungan-hubungan sosial itu sudah diketahui umum. barangkali hanya beberapa hal sajalah yang kebetulan dan brown ketahui lebih banyak dari orang kebanyakan.
mengenai peletakan bangunan terhadap matahari, penetapan tanggal 25 desember sebagai hari natal… itu semua sudah diketahui umum. sedangkan gagasan awal yang ia kembangkan sejak davinci code mengenai peran leonardo da vinci dengan gerakan-gerakan pembaharuan gereja, terlalu banyak interpretasi dia. saya kurang diyakinkan dengan tafsir mengenai arah panah yang dibawa patung itu bisa menunjukkan lokasi-lokasi rahasia di labirin ruang vatican. perletakan bangunan dan patung bisa berubah dari jaman ke jaman sehingga kesan pada saya, penulis ini memaksakan agar kisahnya lancar.

kelancaran yang ia arah adalah kesimpulan di benak penikmat film dan bukunya bahwa sudah sejak lama gereja memiliki faksi yang menginginkan perubahan. khususnya dalam hubungannya dengan ilmu pengetahuan. sementara, suara resmi vatican masih saja konvensional… “do it gently” kata salah satu kardinal yang kemudian akan menjadi camerleon, chamberlain, kepala rumah tangga.

sementara itu, ada camerleon lain [yang bukan kardinal] yang dalam film ditampilkan muda, cerdas dan berpihak pada sains ini dinilai tidak mungkin terjadi, oleh pastor yang saya kenal tadi. dia terlalu muda untuk jabatan sepenting itu. dan itu agaknya kepentingan film yang berbeda dari novelnya tadi, untuk menampilkan seorang yang ambisius dan ternyata adalah dalang dari pembunuhan paus sebelumnya, dan yang berencana ingin menjadi paus berikut dengan merencanakan peperangan melawan sains.

film ini dikritik karena tidak akuratnya keterangan mengenai salah satu temuan penting sains yang menjadi awal mula kisah ini: antimatter. suatu substansi yang bisa menjelaskan terjadinya awal mula kehidupan dan inseminasi buatan. ulasan dan kritik itu bisa diikuti di wikipedia berikut di bawah ini.

http://en.wikipedia.org/wiki/Angels_%26_Demons

lebih dari itu, ini film hiburan, yang nyerempet-nyerempet fakta historis agar bikin tegang saja…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *