racism explained to my daughter

Racism Explained to My DaughterRacism Explained to My Daughter by Tahar Ben Jelloun

ternyata,

ini bukan sebuah buku dari tangan satu penulis, tapi suatu kumpulan beberapa esai yang menanggapi tulisan utama dari tahar sendiri. ada beberapa penulis lain yang menjelaskan, menambahi, merefleksikan tulisan tahar yang ikut dihimpun dalam buku ini.

tulisan tahar sendiri diletakkan di urutan paling depan, dirupakan sebagai sebuah wawancara atau tanya jawab dengan satu nara sumber dan satu penanya.

diandaikan penanyanya adalah anak perempuannya sendiri, yang entah bagaimana nampak begitu cerdas mengajukan pertanyaan-pertanyaan mendasar seputar definisi dan penerapan rasisme dalam hidup sehari-hari.

buka-buka sekilas, saya kurang begitu yakin kalau ini adalah wawancara asli, apa adanya, dengan putrinya. mungkin ini semacam bentuk narasi yang dipilih oleh tahar untuk menyajikan secara sederhana tapi komprehensif mengenai isu rasisme tadi.

sederhana dan mudah dicerna serta mengambil contoh sehari-hari. itu sebabnya [ini dugaan saya] ia membuat bukunya ini “seolah-olah” wawancara dengan anaknya sendiri.

anak [dan perempuan lagi!] dijadikan representasi dari orang yang lugu, murni, ingin tahu tapi harus dikasih tahu secara sederhana… digambarkan sedang menghadap orang tua, pria dan terkenal…

strategi narasi ini sendiri sudah mencurigakan bagi saya.

tapi ya sudahlah…. saya selesaikan dulu membacanya…

semoga gak males nyelesaiin..:-(

View all my reviews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *