buku atau bukan?

Digital Atlas Of Indonesian HistoryDigital Atlas Of Indonesian History by Robert Cribb

My rating: 4 of 5 stars

berhadapan dengan karya robert cribb ini kita tidak mudah menggolongkannya: sebagai buku atau bukan?

di goodreads ini dianggap sebagai buku dengan dberi atribut “paperback”, dan memang saya pernah lihat dalam bentuk hardcopy di perpustakaan. tapi, sebagai buku, terasa aneh juga bila ada keterangan “digital” di situ.

meski pernah melihatnya sebagai buku, tapi saya lebih tertarik membeli yang versi DVD untuk memudahkan portabilitasnya.

dalam versi DVD itu cocoklah atribut “digital” dikenakan padanya. tapi karena ia bersifat interaktif [banyak links yg memudahkan kita bolak-balik ke berbagai halaman tanpa berurut] itu sulit mengatakan kemajuan dalam membaca atau memanfaatkan sumber penting ini. sudah sulit memperlakukan sebagai sebuah buku yang dibaca berurut dari halaman satu. susah menjawab pertanyaan: “sudah sampai halaman berapa membacanya?”

lalu,

perlukah kita mendefinisikan secara baru, apa itu “buku”?

tapi ini sumber yang bagus.

disusun dari banyak “buku” yang ada sebelumnya, cribb mencoba meletakkan peristiwa-peristiwa historis ke dalam ruang, ke dalam peta. dengan demikian, peristiwa historis yang berlangsung dalam rentang waktu tertentu di masa lalu itu menjadi dinampakkan secara visual ke dalam model peta.

repotnya dengan pemilihan model berupa peta seperti ini adalah bila hendak menggambarkan suatu proses, ia membutuhkan beberapa peta yang masing-masing dibatasi oleh kurun waktu tertentu untuk saling diperbandingkan.

masih diperlukan cara pemodelan yang lain untuk melakukan visualisasi peristiwa historis di masa lalu yang sudah hilang itu…

View all my reviews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *