halaman satu koran kompas

orang nomor satu di halaman satu ttg orang nomor satuorang nomor satu di gramedia menulis di korannya sendiri -kompas, senin 29 januari 2008- sepenuh halaman satu. yang ditulisnya adalah sikap kompas terhadap mantan orang nomor satu republik ini.

cara menampilkan tulisan yang “wah” ini mengingatkan saya pada komentar pater MAW BROUWER, OFM. tentang kompas dan tepatnya tentang orang nomor satu di koran tadi:

“kompas itu seperti orang yang menyelupkan kaki ke kali, bila ada kepiting hendak menjepit, maka cepat-cepat kaki diangkat”.

itu kira-kira yang bisa saya ingat. tapi pointnya adalah bahwa kompas ini media-massa oportunis: bila situasi menguntungkan dia akan show off. dan bila situasi sebaliknya, maka dia akan mbleret dan memilih untuk tampil “yang aman-aman saja’.

artikel di halaman satu itu [maaf] tidak terbaca, tidak tersimak oleh mata saya yang merasa tertampar dengan tampilan yang tidak lumrah ini. teks itu jadi tidak perlu benar untuk disimak kata-katanya [karena dengan cepat bisa diduga berisi euforia yang bisa dijumpai di tempat lain juga]. halaman satu sudah jadi propaganda.

di halaman satu, orang nomor satu ini memerlihatkan karakter sebenarnya, yang bagi saya membenarkan kata-kata pater brouwer tadi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *