berat di tangan, ringan di kepala

ungkapan “berat di tangan, ringan di kepala” ini saya dengar ketika berlangsung peluncuran buku peter carey “the power of prophecy”, 8 maret yang lalu. entah siapa yang mengatakan itu mula-mula, mungkin pak hashim, atau peter sendiri. saya tidak ingat.

ini adalah komentar untuk buku lama yang barusan diterjemahkan dan diterbitkan oleh KPG menjadi “kuasa ramalan” dalam 3 jilid tebal-tebal. pantas bila berat. namun, seperti diharapkan agar tulisan tentang riwayat pencetus perang jawa ini bisa dinikmati publik luas, maka bahasanya pun dikemas agar enak dibaca.

saya belum membeli buku seharga 250 ribu rupiah di acara peluncuran itu. tidak punya uang sebanyak itu untuk belanja buku. saya memilih membeli buku yang lebih murah, 100 ribu rupiah, dari penulis yang sama “babad dipanagara” yang diterbitkan sebagai bagian dari serial monografi Malaysian Branch of Royal Asiatic Society. itu pun dengan meminjam uang seorang rekan.

buku adalah komoditas, hanya orang yang punya uang yang bisa memiliki benda itu dengan harga yang telah ditetapkan pasar. padahal, buku hanyalah medium tempat bersemayamnya pengetahuan, dan pengetahuan inilah yang sebenarnya hendak dipungut orang darinya. ongkos produksi medium ini seandainya bisa dinolkan -dengan ebook, misalnya- maka kita hanya akan membayar penulisnya. ini bisa murah sekali, sebab kenyataannya memang industri buku ini bgian terbesarnya [lebih dari 75 persen] adalah untuk produksi mediumnya, bukan untuk ide yang disebarkannya.

tapi toko buku besar macam amazon dot com menjual ebooknya dengan harga yang cuma sedikit sekali berbeda dari buku cetaknya. sepertinya, ada bagian besar yang ia [amazon dot com] telan, katimbang yang diberikan pada penulisnya. ketimpangan tetap saja berlangsung antara produsen ide dengan penjualnya.

sebagaimana pembeli buku dan pembaca lainnya, saya akan memilih yang ringan di tangan, ringan di kepala, dan ringan di pembayarannya.

hehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *