ikatan di rumah sumba

memang pada dasarnya semua sistem sambungan di struktur rumah sumba adalah portal, kecuali untuk atap. struktur atap mengandalkan ikatan, baik ikatan dari alang-alang penutup atap ke rangka bambu maupun rangka bambu itu ke struktur utama rumah yang berupa komposisi empat buah portal yang membentuk semacam sakaguru dalam struktur rumah jawa.

berbeda dari saka guru jawa yang terbangun dari empat tiang dengan pengakuan di kapitalnya [ jadi, keempatnya membentuk satu kesatuan yang solid], sistem atap sumba itu terjadi dari dua pasang portal yang ditumpangi oleh dua pasang portal lain.

portal-portal ini mendapatkan kekakuannya dengan sambungan-sambungannya mengandalkan pen atau pasak. bukan dengan ikatan. benar bahwa kontribusi ikatan dalam struktur rumah [selain atap ] sekadar supaya tidak lari.

sistem struktur yang sangat sederhana ini [portal] berkaitan dengan tidak dikenalnya alat pertukangan selain parang dan kampak. tidak ada gergaji, pasah, pahat sehingga kesan rustic nampak kuat, seperti halnya mereka memperlakukan batu-batu besarnya. menurut catatan, orang sumba mengenal logam baru belakangan ketika portugis mampir ke sana! [secara arkeologis memang ditemukan nekara logam di melolo, sumba timur, yang bentuk dan ornamennya mirip dengan tradisi dongson].

3 Comments on ikatan di rumah sumba

  1. Benny P
    May 7, 2008 at 8:07 am

    Pak Mahatmanto,
    Bahasa yang digunakan untuk menjelaskan sistim struktur dalam rumah sumba kok terkesan aneh. Contohnya: “Sistim sambungan dirumah Sumba adalah portal” (seingat saja dalam ilmu konstruksi bangunan tidak ada sistim sambungan portal). Kemudian: “portal-portal ini mendapatkan kekakuannya dengan pen atau pasak, bukan dengan ikatan” (mungkin yang dimaksud sambungan atau ‘joint’, menggunakan pasak bukan ikatan, jadi ini bukan masalah ‘kekakuan’) dsb.nya.
    Waduh kok keminter……….. . Maksud saya hanya untuk menjernihkan pengertian saja, ha, ha, ha……

  2. anto
    May 7, 2008 at 9:10 am

    he..he..
    anda benar. itu tulisan dibikin tanpa mikir.
    sing nulis ya saya sendiri, ini pindahan dari catatan yang saya pernah tarok di situs wordpress yang lain.
    jadi,
    akan saya ralat denga menyertakan aslinya.
    [bentar, aku durung bisa caranya meralat dengan tetap memertahankan aslinya je…]
    btw,
    trims pak!

  3. poluzz
    August 10, 2010 at 1:24 am

    pak bisa minta sejarah pembuatan rumah adat sumba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *