kangen indonesia

Kangen Indonesia: Indonesia Di Mata Orang JepangKangen Indonesia: Indonesia Di Mata Orang Jepang by Hisanori Kato

My rating: 4 of 5 stars

buku ini menyebutkan nama penerjemahnya, namun tidak menyantumkan judul aslinya. apakah semula ditulis dalam bahasa jepang atau inggris?
namun demikian, jelas terkesan bahwa kato-san sedang bercerita untuk audiens bukan-indonesia.

hal itu mewarnai pilihan-pilihan tajuk yang ia pilih untuk bercerita mengenai apa yang ia pelajari dari orang indonesia. ya, kato-san amat sopan. ia melihat keburukan atau perilaku ngawur bangsa indonesia dalam menghidupi alam modern secara positif. ia katakan itu sebagai memperkayanya atau perlu diketahui orang asing, atau hal positif yang katanya punya kontribusi penting dalam pergaulan internasional.
nampak kehati-hatiannya dalam menempatkan diri di antara indoensia dan jepang.

indonesia amat dicintainya,
dan mengherankannya, ia mencitai jakarta. kota yang sering kali dikutuk dan diemohi banyak orang asing.

buku ini merupakan catatan ringan dan personal.
disajikan secara lucu dan sopan. seperti galibnya orang jepang yang pemalu dan tidak suka menyakiti orang lain. anda harus membacanya sendiri bagaimana cara ia mengungkapkan kegemasannya ketika jam tangannya kecopetan, juga ketika dia menawar ongkos angkot, atau ketika mencoba mengamen di angkot jakarta!

tajuk-tajuk yang ada tidak disajikan kronologis, tapi mengalir saja. saya tidak menemukan apa yang jadi benang merah dari cara ia mengurutkan bab-bab tajuknya.

dari buku tipis ini, dan perkenalan saya sebentar dengan orang-orang jepang, pemahaman saya mengenai cara mereka melihat kita dan bagaimana diri kita dilihat, itu sungguh memperkaya kita dalam hidup bersaudara di masyarakat dunia.

View all my reviews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *