MAJAPAHIT dan AMERIKA SERIKAT


semua pihak berkepentingan untuk menghidupkan kembali ingatan samar-samar akan kerajaan hindu di jawa timur ini. yang diingat sekarang adalah segi ‘kesatuan’ yang mengikat berbagai daerah di nusantara ini. meskipun ikatan itu tidak serupa dengan konsep negara kesatuan indonesia modern sekarang ini, namun dibutuhkan semacam ‘benih’ konseptual yang bisa dijadikan dasar untuk mengatakan bahwa berbagai bangsa di nusantara ini pernah ‘bersatu’ ketika majapahit berkuasa.
jalan-jalan di sekitar istana negara diberi nama seputar nama kerajaan jawa abad XII itu: hayam wuruk, gajah mada dan majapahit sendiri.
demikian pula basuki resobowo diminta untuk merancang lambang negara dengan menerakan kutipan sutasoma, kitab yang berasal dari masa majapahit: bhineka tunggal ika, ‘berbeda itu satulah juga’.
kutipan ini semula bermaksud menggaris bawahi hubungan shiwa dan budha yang pada masa ditulisnya kitab itu punya pendukung sama kuat di majapahit, yang keduanya meski ‘berbeda tapi satulah juga’. namun oleh muhammad yamin, semboyan itu dimaknai sebagai usaha menonjolkan kesatuan berbagai bangsa di nusantara ini daripada perbedaannya.
semboyan ini samar-samar mengingatkan pada semboyan negara amerika serikat ‘e pluribus unum’, yang artinya juga seperti yang dimaksud oleh perancang semboyan negara indonesia yang baru saja merdeka: merskipun berbeda-beda, satulah juga.
bila semboyan negara amerika serikat digambarkan bersama dengan burung elang, maka di republik indonesia semboyan negara digambarkan sedang digenggam oleh burung garuda. burung mitis yang dikenal lewat peradaban india yang diambil alih ke dalam alam jawa ini -di jawa sendiri tidak dikenal burung garuda- leluasa untuk dijadikan sarana simbolik untuk menjadi icon. burung yang tidak pernah dijumpai dalam realitas nusantara ini telah menjadi burung simbolik, icon.

1 Comment on MAJAPAHIT dan AMERIKA SERIKAT

  1. Mahendra
    April 29, 2008 at 1:43 am

    Keberadan Burung Garuda sebenarnya hanya merupakan mitos. Dalam bahasa Inggris disebutnya Phoenix atau Fire Bird karena keberadaannya terkait dgn matahari. Di Cina dikenal sebagai Feng Huang.Di Jepang menyebutnya Ho-oo.

    Burung ini secara mitologis sejajar dengan Unicorn, Pegasus,Naga, Leviathan dan beberapa yang lain.

    Burung ini melambangkan kebajikan, keanggunan,kekuasaan dan kesejahteraan. Di Cina melambangkan kesatuan antara yin dan yang, lembut dan keras.

    Ini sedikit sharing dari saya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *