nasi dan air

nasi adalah salah satu makanan yang sangat rakus air.
sejak dari masa tanam, ia sudah butuh air berlimpah. juga nanti ketika dimasak pun ia butuh banyak air untuk menanaknya. nasi memang hanya cocok untuk makanan orang-orang yang tidak kekurangan air.
itu bila orang tidak ingin cari masalah.

tapi, makan adalah masalah budaya.
orang bisa mengubah gaya makan seseorang karena menemukan -lewat melihat atau juga mencoba merasakan sendiri- makanan dan cara makan dari tradisi yang lain. tradisi makan, demikian juga busana, bahasa, ketukangan, akan berubah bila menemukan tradisi lain yang lebih efektif dalam memudahkan hidup seseorang.
juga perubahan itu bisa terjadi karena masalah gaya tadi.
yang sering kedodoran adalah mengatasi konsekuensi bila tradisi satu dipindah ke tradisi lainnya.

orang makan nasi, mengandaikan di situ ada cukup air. tapi, entah mengapa, orang-orang di daerah kering pada masa kini sangat merindu nasi. sebagai ganti dari tradisi makan sagu, ketela atau jagung.
apakah karena ini adalah masalah gayatadi? [orang yang makan nasi, atau roti, itu adalah orang-orang yang lebih maju dari pada dirinya]. entahlah,

tapi akibat dari tidak dikelolanya konsekuensi dari pemindahan tradisi -makan- ini maka beban pengadaan nasi jadi makin berat. baik bagi masyarakat yang semula bukan bertradisi makan nasi, maupun bagi pengadaan di lingkup nasional. nasi lalu jadi permainan penguasa yang rakus kekuasaan.

1 Comment on nasi dan air

  1. eky
    February 7, 2009 at 11:29 pm

    ” . . . . yang sering kedodoran adalah mengatasi konsekuensi bila tradisi satu dipindah ke tradisi lainnya. ”

    ” . . . . . akibat dari tidak dikelolanya konsekuensi dari pemindahan tradisi . . . . . ”

    Kalau saya, lebih setuju diistilahkan ‘perpindahan tradisi’ karena peristiwa ini tidak disengaja oleh pemerintah (walau disengaja oleh pedagang), bahkan sebenarnya tidak dikehendaki oleh pemerintah.

    Karena tidak disengaja / dikehendaki, pemerintah memang tidak punya budget (uang, energi, waktu) untuk mengelola konsekuensinya.

    =eky=
    (bukan membela pemerintah, sekedar mengingatkan bahwa begitulah cara kerja mereka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *