KERJA PRAKTIK GENAP 2014/2015

Kerja praktik Sistem Informasi mengalami perubahan prosedur mulai tahun ajaran 2014/2015. Prosedur ini bermaksud memberikan waktu kepada mahasiswa untuk mempersiapkan KP dalam waktu yang panjang, dan memiliki waktu satu semester penuh untuk mengerjakan KP. Prosedur ini juga akan memastikan bahwa mahasiswa yang registrasi KP adalah mahasiswa yang sudah memiliki dan mengajukan form KP.

Hasil Kerja Praktik


Sistem infomasi berbasis komputer offline atau online.
Kerja praktik dapat dilakukan 1-3 orang jika sistem informasi yang dibangun berada pada satu lokasi dan ukurannya cukup besar untuk 3 topik kerja praktik. Database yang digunakan boleh sama asal fungsi aplikasi bagian dari Sistem Informasi tersebut berbeda.

Lembaga untuk kerja praktik


Lembaga non profit, lembaga bisnis, lembaga pendidikan yang menerapkan proses bisnis dalam organisasinya untuk menghasilkan produk atau layanan, atau yang menerapkan prosedur dokumentasi informasi atau pengetahuan yang digunakan untuk mengelola organisasi secara keseluruhan. Lokasi lembaga : DIY atau di luar DIY.

Prosedur Kerja Praktik


Perhatikan prosedur Kerja Praktik yang baru pada KETENTUAN UMUM KERJA PRAKTIK

Tenggat waktu tiap tahap pengajuan KP dan revisi, paling lambat :

  1. 12 Januari 2015 Penyerahan Borang/Form Pengajuan KP atau Penyerahan Borang Lanjut KP
  2. 14 Januari 2015 Pengumuman status Borang Pengajuan KP/Lanjut KP
  3. 14-16 Januari 2015 Revisi Borang Pengajuan KP
  4. 16 Januari 2015 Pengumpulan Revisi Borang Pengajuan KP
  5. 19 Januari 2015 Pengumuman Final Status Form Pengajuan KP.
  6. 20 Januari 2015 Registrasi : Pengambilan mata kulih KP dilakukan oleh Koord. KP


Bagi yang tidak mengumpulkan form Pengajuan KP/ form Lanjut KP tidak dapat Registrasi KP

Pengumpulan Borang/Form Pengajuan KP Baru Lewat EMAIL


Silahkan mengumpulkan Borang/Form Pengajuan KP Baru lewat email dengan ketentuan:
1. Borang diisi lengkap dan diberi tanda tangan ( file image tanda tangan)
2. Borang dilampirkan (attachment) pada email dalam format PDF
3. Nama file PDF borang berformat : KPGENAP1415_[NIM].PDF contoh : KPGENAP1415_72110900
4. Subjek email : BORANG KP GENAP1415 [NIM] . Contoh : BORANG KP GENAP1415 72110900
5. kirim ke othie@staff.ukdw.ac.id

Pengumpulan borang KP lewat email : Tidak berlaku untuk BORANG KP LANJUT yang membutuhkan persetujuan Dosen Pembimbing

17 Dec, 2014 | othie |

KETENTUAN UMUM KERJA PRAKTIK PRODI SISTEM INFORMASI UKDW

Kerja praktik Sistem Informasi mengalami perubahan prosedur mulai tahun ajaran 2014/2015. Prosedur ini bermaksud memberikan waktu kepada mahasiswa untuk mempersiapkan KP dalam waktu yang panjang, dan memiliki waktu satu semester penuh untuk mengerjakan KP. Prosedur ini juga akan memastikan bahwa mahasiswa yang registrasi KP adalah mahasiswa yang sudah memiliki dan mengajukan form KP.

Kerja Praktik adalah mata kuliah yang bersifat mandiri dan syarat pengambilan mata kuliah ini adalah 115 SKS. Mahasiswa berlatih kemandirian dalam menerapkan ilmu dan pengetahuan tentang Sistem Informasi pada kasus nyata di sebuah lembaga yang dipilihnya. Hasil akhir dari matakuliah ini adalah suatu sistem informasi berbasis komputer yang memberikan mampu mendukung personel-personel di lembaga tempat kerja praktik dalam pengambilan keputusan. Mahasiswa didorong untuk dapat memilih lokasi yang tepat untuk melakukan kerja praktikm, yaitu lembaga yang memang berdasarkan pengamatan mahasiswa membutuhkan sistem informasi berbasis komputer.

PROSEDUR KERJA PRAKTIK:



  1. Cek Deadline Kerja Praktik dan syarat pengambilan mata kuliah Kerja Praktik sebelum semester dimulai
  2. Minta SURAT KETERANGAN MAHASISWA KERJA PRAKTIK ke ADMINISTRASI FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI untuk bekal mencari lembaga tempat Kerja Praktik
  3. Mahasiswa mencari topik dan tempat Kerja Praktik. Cari lokasi kerja praktek, berupa lembaga yang nyata bukan fiktif dan menggunakan data yang riil
  4. Minta SURAT PENGANTAR KERJA PRAKTIK UNTUK LEMBAGA/PERUSAHAAN ke ADMINISTRASI FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI dan serahkan surat tersebut kepada Lembaga tempat Kerja Praktik
  5. Isi FORM PENGAJUAN KERJA PRAKTIK atau kemudian mahasiswa menyerah Form Pengajuan Kerja Praktik ke Koord. Kerja Praktik sebelum deadline.
  6. Mahasiswa melakukan perbaikan terhadap Form Pengajuan Kerja Praktik jika diminta untuk Revisi oleh Koord Kerja Praktik
  7. Mahasiswa mengumpulkan Form Pengajuan Kerja Praktik – hasil perbaikan
  8. Mahasiswa cek pengumuman daftar mahasiswa Kerja Praktik
  9. Koordinator lakukan Registrasi Kerja Praktik


PROSEDUR KERJA PRAKTIK LANJUT dengan JUDUL TETAP



  1. Isi Form Kerja Praktek Lanjut
  2. Minta persetujuan dan tanda tangan dari Dosen Pembimbing
  3. Pengumpulan form mengikuti deadline pengumpulan form pengajuan form judul kerja praktik, sesuai deadline, sebelum registrasi

Catatan Kerja Praktik Lanjut : Jika bermaksud untuk ganti dosen pembimbing, maka mahasiswa wajib membuat surat permohonan pengajuan ganti dosen pembimbing dengan alasan yang jelas. Kumpulkan Form Kerja Praktik Lanjut tanpa tanda tangan dosen lama dan surat permohonan ke koord. Kerja Praktik.


FORMAT PROPOSAL:


1. Judul Kerja Praktik
2. Latar belakang dan Lokasi Objek Kerja Praktik
3. Tujuan Kerja Praktik
4. Batasan Sistem yang akan dibuat
5. Daftar Kemampuan Sistem yang akan dibangun
6. Metodologi kerja praktik (Tahapan dan Teknik Pengerjaan Kerja Praktik)
7. Rencana Tahapan Pengerjaan Kerja Praktik (dibuat dalam Gantt Chart, korelasi tahapan dan waktu pengerjaan)
Contoh Proposal KP

LEMBAGA TEMPAT KERJA PRAKTIK:


Lembaga non profit, lembaga bisnis, lembaga pendidikan yang menerapkan proses bisnis dalam organisasinya untuk menghasilkan produk atau layanan, atau yang menerapkan prosedur dokumentasi informasi atau pengetahuan yang digunakan untuk mengelola organisasi secara keseluruhan.Untuk semua jenis lembaga tempat kerja praktik, mahasiswa diwajibkan menghasilkan suatu produk sistem informasi berbasis komputer yang merupakan hasil karya mahasiswa selama melakukan kerja praktik. Sistem informasi bersifat dinamis, baik yang berbasis web atau tidak berbasis web. Lokasi lembaga dapat berada di DIY atau di luar DIY



KONSULTASI KERJA PRAKTIK


1. Konsultasi dilakukan dengan dosen pembimbing kerja praktik yang ditentukan
2. Konsultasi dilakukan sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh Dosen atau sesuai dengan kesepakatan dengan dosen
3. Bawa Kartu Konsultasi setiap kali konsultasi dan minta tanda-tangan dan keterangan perkembangan/catatan dari dosen pembimbing
4. Minimal konsultasi adalah 6 kali selama mengerjakan kerja praktek termasuk presentasi program saat konsultasi

FORMAT LAPORAN KERJA PRAKTIK SISTEM INFORMASI


Lembar Pengesahan
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah
Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah
Ringkasan Eksekutif
Daftar isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Daftar Lampiran
1. Pendahuluan
1.1 Gambaran Studi Kasus
1.2 Tujuan Kerja Praktik
1.3 Karakteristik Pengguna Sistem
1.4 Keterbatasan Sistem
2. Kebutuhan Sistem
2.1 Kebutuhan Antarmuka
2.2 Kebutuhan Fungsional
2.3 Kebutuhan Perangkat
3.Rancangan Sistem
3.1.Metode Pengumpulan dan Analisis Data
3.2. Rancangan Masukan
3.3. Rancangan Proses
3.4.Rancangan Keluaran
4.Penerapan Sistem
4.1.Penjelasan sistem
4.2. Kendala dan Solusi
5. Penutup
5.1. Kelebihan Sistem
5.2. Kekurangan Sistem
Lampiran
A. Keluaran Sistem
B. Listing program

Download: Format Laporan Kerja Praktek Prodi Sistem Informasi

SYARAT PRESENTASI FINAL KERJA PRAKTIK


Mahasiswa yang siap maju presentasi final kerja praktik adalah mahasiswa KP SI yang :
1. Telah melakukan bimbingan minimal 5 kali
2. Telah menyelesaikan program KP
3. Telah menyelesaikan laporan KP
4. Datang tepat waktu sesuai jadwal presentasi final yang diumumkan dan membawa serta mengisi borang penilaian

TAHAP PENYELESAIAN KERJA PRAKTIK


1. Lembar ditanda-tangani oleh Dosen Pembimbing dan Kaprodi. Lembar pengesahan adalah lembar dengan logo UKDW, dapat dibeli di KOPERASI UKDW
2. Laporan dibendel dan disampul dengan warna ORANGE 1 kali [untuk mahasiswa]
3. Siapkan ID: teknik dan Password : teknik untuk program kerja praktik yang perlu ID dan Password untuk menjalankannya.
4. Program kerja praktik dan laporan lengkap soft copy direkam dalam 1 CD
5. Mengisi Lembar Bukti Penyelesaian yang ditanda-tangani oleh Dosen Pembimbing dan Koordinator Kerja Praktek. Download Lembar Bukti Penyelesaian. Tanda tangan Koordinator Kerja Praktik diberikan saat pengumpulan CD, kartu Konsultasi dan Lembar Bukti Penyelesaian.
6. Kumpulkan CD, kartu konsultasi dan Lembar Bukti Penyelesaian dengan menunjukkan laporan yang sudah dibendel dan disampul ke Koordinator Kerja Praktik.

16 Dec, 2014 | othie |

Konsultasi SKRIPSI/KP SEMESTER GASAL 2014/2015

Mahasiswa bimbingan Skripsi/KP diwajibkan untuk mengikuti dan mempelajari panduan penulisan Skripsi atau panduan laporan Kerja Praktik Program studi Sistem Informasi.

Daftar Bimbingan semester Gasal 2014/2015 :

CHARISMA A.F. FRANS
REINALD RUDHY KURNIAWAN
HARY VAN BASTEN
WILLIAM GAUTAMA
ALBERTUS SATRIA YUDHA
ANDREAS SETIAJI TRI WIDODO
JESSICA BELINDA
DEDDY
SHINTA KRISTYANI
DIMITRIJ AGAL PARAMANANDANA
ALBERTUS PINTO WICAKSONO
FRESTRIAN HUDSON
SELENA SOPUTRI
AGENG DEWANATA
AYU MAHARANI

Urutan konsultasi :
1. Proposal
2. Bab 1
3. Bab 2
4. Desain sistem : Rancangan aliran data dan proses (DFD, FLOWCHART, USE CASE DLL), DATABASE, ANTAR MUKA
5. Program
6. Bab 3
7. Pengujian dan analisis
8. Bab 4
9. Bab 5
Hindari kesalahan penulisan yang sudah dibahas di panduan.

Jadwal konsultasi DESEMBER 2014
KAMIS 11 Desember 2014 : 14.00-16.00
SENIN 15 Desember 2014 : 10.00-12.00 [ jadwal terakhir konsultasi ]



11 Dec, 2014 | othie |

PRESENTASI FINAL KERJA PRAKTIK SEMESTER GASAL 2014/2015

Mahasiswa hadir pada jadwal berikut sesuai dosen pembimbingnya. Perhatikan persiapan untuk Presentasi Final di Ketentuan Umum
9 Desember 2014
09.00-11.00

Ruang :Puspindika
Aloysius Bayuaji, S.Kom, M.Eng
Lussy Ernawati, S.Kom, M.Acc

Ruang : Lab SI
Djoni Dwijana, Drs, Akt, MT
Jong Jek Siang, Drs, M.Sc

Ruang: Assembly FTI
Yetli Oslan, S.Kom, MT
Ir. Harianto Kristanto, MM, MT

Ruang : Compiler FTI
Umi Proboyekti, S.Kom, MLIS
Laurentia Lisa Setiawan, S.Kom, MIT

9 Desember 2014
13.00-15.00

Ruang : Byte
Agus Sonny Haryadi, S.Kom
Purwana Widodo, ST

Ruang : Lab SI
Katon Wijana, S.Kom, MT
Halim Budi Santoso, S.Kom, MBA

Ruang: Assembly FTI
Budi Sutedjo, S.Kom, MM
Hendra Sentono, S.Kom

Ruang: Compiler FTI
Wimmie Handiwidjojo, Drs, MIT


KHUSUS : 5 Desember 2014
09.00-11.00
Ruang: Byte
Heryno, S.Kom


TAHAP PENYELESAIAN KERJA PRAKTIK
Perhatikan tahap penyelesaian Kerja Praktik pada Ketentuan Umum Kerja Praktik. Deadline pengumpulan berkas KP ke Koord KP adalah 19 Desember 2014 jam 15.00 WIB di Fakultas Teknologi Informasi



04 Dec, 2014 | othie |

Pengujian Hasil Pencarian di Internet

Karena semua orang yang mampu dapat mempublikasikan tulisannya di Internet, maka Internet adalah kumpulan sumber informasi tanpa kontrol. Sumber informasi yang dicari adalah sumber informasi yang :
1.jelas penulisnya atau asalnya
2.informasi yang disajikan dapat dipertanggung jawabkan
3.sesuai dengan kebutuhan

Cara mengevaluasi isi web adalah dengan memperhatikan hal-hal berikut :
1.Cari siapa author atau pengarang isi dan penerbitnya. Apakah nama pengarang/penulis tertulis jelas? Ada keterangan tentang keahliannya yang terkait dengan tulisannya? Organisasi penerbit disebutkan? Cek organisasi tersebut dari web resminya. Adakah kontak, alamat dan penjelasan tentang organisasi tersebut? Coba cek ABOUT US untuk mencari visi misi website sumber informasi.

2.Domain pendidikan seperti .EDU, .AC.[kode negara] dan pemerintahan .GOV atau .go.[kode negara] biasanya dapat dipercaya. Sementara untuk .COM atau .co.[kode negara] untuk komersial dan domain organisasi .ORG atau .or.[kode negara] perlu pemeriksaan lebih untuk menghindari artikel promosi produk atau perusahaan tertentu dan informasi yang berat sebelah dari sebuah organisasi. Sekali lagi link ABOUT US penting untuk dibaca.

3.Periksa kapan terakhir situs tersebut diperbarui dari tanggal perbaruan atau update. Situs yang baik terbarui secara periodik.

4.Cari taut atau link pada halaman situs yang dievaluasi, dan periksa apakah link tersebut dari sumber yang dapat diandalkan?

5.Baca isi dan temukan apa tujuan dari isinya. Apakah ada bersifat mempengaruhi, menjual, mendasarkan pada perasaan tanpa atau bias terhadap suatu hal? Hati-hati dengan sumber informasi tersebut, mungkin informasi tersebut untuk promosi.

6.Cari situs yang mirip dari penerbit lain dan bandingkan isinya. Adakah perbedaan atau kesamaan.

Situs Evaluating Web Content ini memberikan informasi bagaimana dapat mengevaluasi isi dari web dalam berbagai format seperti situs informasi, blog dan social network application.

23 Sep, 2014 | othie |

Penelusuran Informasi di Internet dengan Mesin Pencari

Google adalah mesin pencari atau search engine untuk mencari informasi di Internet. Selain Google masih ada mesin pencari lain seperti Yahoo! Ask, Mamma, Bing, DogPile dan Duck Duckk Go. Selain mesin pencari, ada jenis alat pencari lain : pencarian meta (metasearch) atau direktori (directory).
Bantuan lain seperti Tombol Saya Lagi Beruntung/I'm Feeling Lucky akan membawa Anda ke halaman web yang URL-nya terletak pada peringkat pertama untuk hasil kueri Anda. Penelusuran model "Saya Lagi Beruntung" ini berarti lebih sedikit waktu yang akan dihabiskan untuk menelusuri satu-satu halaman yang ada dan lebih banyak waktu untuk melihatnya.

Googling adalah suatu istilah yang berarti mencari informasi di Google atau menggunakan Google. Sekalipun Googling bukanlah suatu kata, tapi istilah ini sering digunakan. Pada dasarnya menggunakn Google sangat mudah. Kata kunci yang dimasukkan bebas, dan akan menghasilkan hasil pencarian. Masalahnya, tanpa kata kunci yang spesifik sesuai dengan kebutuhan informasi kita, maka hasil yang diperoleh pun berbeda.

Cara Googling yang spesifik adalah :
1. Pilihlah kata kunci yang berupa kata benda
2.Gunakan tanda kutip contoh : “Search Strategies”, artinya mencari dokumen tentang dua kata tersebut dengan urutan seperti yang tertulis.
3.Gunakan tanda minus (-) untuk menyaring suatu kata. Contoh : Search Strategies -google.
4.Gunakan operator situs untuk menetapkan domain dari situs yang kita inginkan contoh : site:gov
5.Gunakan operator file type untuk tentukan hasil pencarian sesuai tipe filenya. Contoh : file type:pdf.

Untuk memudahkan pencarian yang spesifik, gunakan Advanced Search dan tentukan kata-kata kunci yang ingin dicari atau dihindari. Dengan menggunakan Advanced Search, memudahkan pengguna untuk menentukan pencarian sesuai kebutuhan.

Search tool pada Google membantu untuk menyaring hasil pencarian agar sesuai dengan kondisi yang ditentukan seperti waktu terbit, dan katagori ketepatan hasil. Dengan kata kunci yang sama, dapat ditemukan dalam berbagai bentuk seperti image, books, recipe, patents, maps, blogs dan news misalnya.

DuckDuckGO (www.duckduckgo.com) adalah mesin pencari yang memberikan hasil pencarian mendetil pada suatu domain, dan memberikan jalan pintas (shortcut) ke situs-situs lain seperti AMAZON, WIKIPEDIA, IMAGE-BING, IMAGE-GOOGLE, YOUTUBE, NEWS, MAP dengan cara yang sederhana yaitu menggunakan simbol tanda seru (!).

Hasil pencarian detil pada domain tertentu dihasilkan berdasarkan hasil pencarian awal. KAta kunci yang ditentukan oleh pengguna akan menghasilkan hasil pencarian, dan setiap hasil pencarian terdapat link MORE RESULTS, klik pada link tersebut akan mengarah ke hasil pencarian berdasar kata kunci awal di domain hasil pencarian yang dipilih tadi.

Jalan pintas ke situs-situs dapat dilakukan dengan mengetikan kata kunci lalu memilih situs khusus yang disediakan pada drop down menu, atau dengan mengetikkan !a (untuk akses ke Amazon) atau !w (wikipedia) misalnya di belakang kata kunci. Contoh : Student Centered Learning !a (akan mengarahkan pencarian ke Amazon untuk mencari buku tentang Student Centered Learning).


Metasearch adalah mesin pencari yang mencari informasi pada beberapa mesin pencari sekaligus, contohnya DOGPILE, MAMMA . Mereka menggunakan mesin-mesin pencari lain untuk mencari informasi dan hasilnya ditampilkan. Metasearch membantu pengguna untuk mendapatkan variasi hasil dari beberapa mesin sekaligus.

Sementara direktori adalah alat pencari yang sudah menyajikan daftar topik untuk membantu arah pencarian seperti topik pendidikan, kesehatan, belanja dan sebagainya. Yahoo : http://dir.yahoo.com/ dan DMOZ : http://www.dmoz.org/ adalah contoh direktori. Pencarian dengan direktori kadang dibutuhkan ketika fokus pencarian hanya pada hal tertentu, misalnya mencari jurusan tertentu dalam hal studi lanjut di di negara tertentu.

Sumber :
Notess, Greg R. “The Review of Google”. Search Engine Showdoen: the User Guide for Web Searching. Oct, 10 2006. Akses di http://www.searchengineshowdown.com/features/google/review.html. Nov, 12 2008.

DuckDuckGo, www.duckduckgo.com

23 Sep, 2014 | othie |

© 2007 yoursite.com | Designed by DesignsByDarren
Ported to Nucleus CMS: Suvoroff