Archive for September 2009

Membuat Blog

Blog adalah jurnal pribadi. Tulisan pada jurnal ini dapat mengenai berbagai macam ide bergantung pada penulis atau pemilik blog. Karena blog ini merupakan alat untuk menyajikan informasi dan bertukar pikiran, maka akan lebih baik jika sebelum membuat Blog, tujuan, tema besar dan audiens dari blog ini ditentukan. Dengan demikian isi blog akan terfokus pada tema tertentu. Ini akan mengarahkan kita ke nama blog yang berkaitan dengan isi blog atau tema blog. Ketepatan informasi yang kita sajikan akan membantu orang lain untuk dapat menemukan informasi yang disajikan. Dengan demikian blog kita akan diakses dan dikenal orang lain.

Blog dapat berisi informasi yang berkaitan dengan :
1. hobby
2. bidang minat/ ilmu tertentu
3. cerita pribadi
4. ide-ide baru
5. hasil karya pribadi

Blog berguna untuk berbagi informasi. Informasi yang disajikan berpotensi untuk mendapatkan respon dari pembaca. Setiap orang yang terkoneksi ke Internet, berpeluang untuk membaca informasi yang kita sajikan. Karena itu penting juga untuk diingat bahwa isi blog kita berisi informasi yang aman dikonsumsi oleh semua orang, tidak menyinggung atau mencemarkan nama baik siapapun, menggunakan bahasa yang kita tetapkan sesuai dengan audiens yang kita tuju. Misalnya jika tulisan kita menggunakan Bahasa Indonesia berarti hanya orang yang mengerti Bahasa Indonesia yang menjadi target umum dari Blog kita.

Merencanakan Isi Blog dengan MindMapping
Menghindari kebingungan yang mungkin terjadi ketika mengembangkan ide awal isi blog, MindMapping dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan ide awal.
MindMap dapat dibangun dengan cepat dan sederhana secara online melalui banyak layanan yang tersedia di Internet, salah satunya adalah MindMeister. MindMeister dapat digunakan secara gratis dengan membuat account atau akun secara cepat dan sederhana. Cara menggunakan:
1. Kunjungi MindMeister
2. Klik SIGN UP FOR FREE di tengah tampilan
3. Ikuti langkah-langkah sederhana

Sesudah selesai Sign In dengan username dan password yang kita tentukan. Langkah membuat MindMap:
1. Klik CREATE MIND MAP di kiri atas
2. Tentukan topik utama
3. Klik tombol ADD di kiri atas untuk menambah cabang
4. Klik topik dan klik Add untuk menambah cabang

Gunakan peralatan di samping kanan untuk membuat penampilan MindMap lebih menarik.

Membangun Blog di Blogger.com
Membuat blog di Blogger.com mengharuskan Anda untuk memiliki email di Google mail. Untuk itu sebelum membuat blog di Blogger.com, jika Anda belum memiliki account di Google mail, silakan membuat email di Google mail terlebih dahulu. Ingat gunakan username dan password yang mudah Anda ingat dan aman.

1. Membuat Google Mail
Kunjungi Google Mail dan ikuti langkah-langkah membuat email. Jangan lupa mengingat username dan password Anda.

2. membuat blog di Blogger.com
Kunjungi Blogger.com, dan masuk dengan username dan password Google Mail Anda. Kemudian silakan ikuti langkah-langkah yang terdapat dalam dokumen Tutorial Membuat Blog

14 Sep, 2009 | othie |

PENELUSURAN SEDERHANA DATABASE ELEKTRONIK

EBSCO


Memulai Pencarian ADVANCE SEARCH
1. Akses ke http://search.ebscohost.com [hanya dapat diakses di lingkungan UKDW]
2. Pilih database: salah satu, dua atau semua.
Academic Source premier untuk semua prodi,
Business Source Premier untuk business dan business research,
Regional Business Newspaper berisi artikel koran tentang business
3. Masukkan kata kunci dalam bahasa inggris pada kotak teks pencarian, gunakan logika boolean: AND, OR, NOT
4. Centang FULL TEXT
5. Tentukan waktu Bulan-Tahun ke Bulan-Tahun --- untuk memastikan kebaruan atau mendapatkan artikel yang terbit pada masa tertentu
6. Format dapat ditentukan sebelum pencarian atau setelah hasil didapat
7. klik SEARCH setelah lengkap semua

Pencarian dengan PUBLICATIONS
1. klik PUBLICATION di kiri atas
2. Temukan publikasi yang ingin ditelusuri artikel-artikelnya
3. Lakukan pencarian dengan ADVANCED SEARCH

Pencarian dengan SUBJECT TERM
1. klik SUBJECT TERM
2. temukan subjek yang diinginkan dengan melakukan pencarian
3. pilih subjek term yang sesuai dari hasil pencarian
4. lakukan pencarian dengan menggunakan subjek itu pada pencarian ADVANCED SEARCH

Evaluasi Hasil Pencarian
1. Perhatikan berapa banyak hasil pencarian, jika terlalu banyak untuk menyaring berdasar judul, lakukan penyempitan dengan:
a. memilih SUBJECT [berkaitan dengan isi dan topik] atau SUBJECT: Thesaurus Term [berkaitan dengan atribut artikel] yang tersedia di sisi kiri.
b. melakukan pencarian lagi dengan menggunakan kata kunci yang lebih spesific
c. membatasi format sumber informasi: artikel akademik, koran, review dll. pada sisi kiri [publication type]
d. membatasi dengan tahun tertentu pada sisi kiri
2. Judul artikel, berapa kali dirujuk, sumber informasi [cited references]. Makin banyak dirujuk, makin baik dan terpercaya.
3. Klik judul untuk periksa isi dengan membaca ABSTRACT artikel.
4. Setiap SUBJECT adalah kata kunci yang mewakili artikel tersebut, dengan klik salah satu SUBJECT akan melakukan pencarian lain dengan kata tersebut.
5. Penyaringan lebih lanjut dengan memasukkan artikel yang hendak diperiksa/baca kemudian ke folder dengan klik ADD FOLDER. Fasilitas ini menyimpan artikel-artikel yang akan dibaca kemudian. Pencarian dapat dilakukan dari awal tanpa menghapus isi folder.
6. Jika sudah ditemukan artikel yang hendak dibaca, maka dapat dibaca dengan:
a. klik PDF link,
b. mencetaknya [harus tersambung printer] dengan klik ikon printer
c. email ke diri sendiri atau orang lain dengan klik ikon email
d. simpan ke disk dengan klik ikon disket. Untuk menyimpan, klik simpan pada FILE|SAVE PAGE AS... pada browser.
e.simpan ke folder untuk dibaca nanti
7. Check isi folder dengan klik ikon folder di sisi kanan atas

PENTING:
1.Gunakan link BACK untuk kembali ke halaman atau tampilan sebelum, jika tidak ada link BACK, maka gunakan tombol BACK pada browser.
2. Gunakan link RESULT LIST untuk kembali ke daftar hasil pencarian

PROQUEST


1. Akses ke http://www.proquest.com/pqdweb dan masukkan ACCOUNT ID dan PASSWORD
2. Beberapa jenis penelusuran BASIC [sederhana] dan ADVANCED [lanjut], TOPICS, PUBLICATIONS
3. Penelusuran BASIC dan ADVANCED dilakukan dengan menentukan kata kunci, kombinasi dengan logika boolean AND, OR atau NOT[pada ADVANCE SEARCH] jika perlu, dan pemilihan DATABASE [satu atau lebih]. Klik MULTIPLE DATABASE untuk mengetahui deskripsi dari masing-masing DATABASE dan pilihlah yang sesuai.
4.Centang FULL TEXT
5. Tentukan DATE RANGE [jangka waktu tertentu] mengikuti format
6. Klik SEARCH

Penelusuran dengan TOPICS
1. telusuri TOPICS dengan mencari atau klik BROWSE DIRECTORY
2. pilih topik yang sesuai dan langsung akan menghasilkan pencarian berdasarkan topik tersebut

Penelusuran dengan PUBLICATIONS
1. Telusuri PUBLICATIONS dengan kata kunci tertentu
2. Pilih Publikasi
3. Tentukan kata kunci dan cari atau membaca langsung pada volume atau terbitan yang tersedia

Evaluasi Hasil Pencarian
1.Jika hasil pencarian terlalu banyak, saring dengan tipe publikasi [], gunakan SUGGESTED TOPICS untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik
2. Pilihlah beberapa judul dengan mencentang kotak di depan judul, sebagai tanda
3. Baca ABSTRACT dengan klik judul artikel
4. Gunakan fasilitas PRINT, EMAIL, COPY LINK atau CITE jika perlu
5. Melakukan pencarian dengan bantuan topik yang tersedia di samping kanan, juga memungkinkan pada tampilan abstrak artikel

CATATAN:
Beberapa artikel full text yang berformat file HTML, full text langsung ditampilkan saat abstrak ditampilkan.


13 Sep, 2009 | othie |

Literasi Informasi UKDW

Literasi informasi adalah kemampuan untuk memahami kebutuhan informasi, mencari dan menentukan informasi yang dibutuhkan, membangun atau menyusun informasi yang baru secara etis dan mempresentasikan/menyajikan kepada audiens yang tepat.

Program literasi informasi di UKDW diawali tahun ajaran 2009/2010 di semester gasal untuk mahasiswa angkatan baru prodi Teologi yang mengambil mata kuliah Bahasa Indonesia. Tiga pertemuan pertama diisi dengan program literasi informasi dengan topik bahasan :
1. pemahaman masalah dengan Mind Mapping dan pengenalan sumber informasi
2. strategi pencarian sumber informasi dan evaluasi sumber informasi
3. mengelola sumber informasi dan membangun produk informasi





05 Sep, 2009 | othie |

Pengantar Teknologi Informasi

Matakuliah ini memberikan pengenalan tentang Teknologi Informasi kepada mahasiswa baru, semester 1. Pengenalan tidak hanya mendengarkan ceramah di kelas, tapi juga melalui praktek di laboratorium komputer, praktek di kelas dan survey mandiri di luar kelas.
Silabus Matakuliah dapat diunduh (downloaded) disini
1. Peraturan perkuliahan umum dan khusus
2. Sejarah perkembangan teknologi informasi pada masa-masa tertentu dan pada titik-titik perkembangan penting/berpengaruh
3.Jenis software dan Pengenalan fungsi serta cara kerja software
4.Perangkat keras komputer dan fungsi masing-masing
5.Logika dasar pemrograman
6.Logika dasar pemrograman dan pemecahan masalah
7.Jaringan komputer dan Teknologi Nirkabel
8.Data, Informasi dan pengetahuan
9.Pengenalan Database
10.Pengenalan proses bisnis
11.Penelusuran dengan search engine dan Penelusuran dengan database elektronik
12.Publikasi elektronik
13.Presentasi pengamatan pemanfaatan TI di Jogja

=============================
File-file :
1.komputer.pdf
2. hardware.ppt
3. software.pdf
4. flowhart.pdf atau flowchart.doc
5. Jaringan_komputer.pdf dan Teknologi Nirkabel
6. Datainfoknow.ppt
7. databasefundamental.pdf
8. KonsepSistem.pdf
9. Flowchart Test Kecil kelas A
10. Flowchart Test Kecil B
==============================

Jadwal matakuliah :
Kelas A Rabu 13.30-16.00 H2.2
Kelas B Selasa 13.30-16.00 D1.1

Penilaian


Definisi MIS/DSS:8%
Presentasi Kelompok : 20%
Test kecil :15%
TAS: 35%
WIKI :10%
Kehadiran >=75%: 1%, 3%, 5%
Tugas Email: 7%



03 Sep, 2009 | othie |

© 2007 yoursite.com | Designed by DesignsByDarren
Ported to Nucleus CMS: Suvoroff