Archive for January 2012

Interaksi Manusia dan Komputer Semester Genap 2011/2012

Umi Proboyekti, S.Kom, MLIS
Kelas A : Rabu 07.30-10.00 C 3.8
Kelas B :Rabu 10.30-13.00 C3.8


S I L A B U S
Interaksi Manusia dan Komputer memperkenalkan konsep, komponen, dan faktor penentu dalam merancang interaksi antara manusia dan komputer. Cara desain dimunculkan dari mengenali konsep dan desain-desain yang sudah ada. Dengan demikian mahasiswa diakhir semester mampu mengenali desain-desain yang tidak memenuhi syarat interaksi yang benar dan mampu menerapkan konsep-konsep desain interaksi.Selain itu mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan tentang desain interaksi dengan mengalami dan mengamati sendiri, dan mahasiswa menjadi lebih sensitif terhadap kebutuhan manusia ketika merancang interaksi pada program mereka.

Silabus
Dalam kelas kita akan membahas dan berkegiatan dengan topik-topik berikut :

Mengenal desain interaksi
Tugas 1: Carilah masing-masing 1 definisi Human-Computer Interaction dan Interaction Design dalam bahasa apapun yang dimengerti, tanpa diterjemahkan. Ketik dengan rapi pada kertas A4, lalu beri penjelasan faktor-faktor penting dari keduanya yang Anda temukan dalam definisi tersebut pada halaman yang sama. Cantumkan sumber dari definisi, dan pastikan sumbernya bukan WIKIPEDIA atau blog.
Tugas dikumpulkan pada pertemuan kedua.

Desain: bagus vs buruk
Tugas 2: mahasiswa membaca interview Gitta Salomon (hal 40-42) dan Abigail Sellen (176-179) dari buku Interaction design (Hellen Sharp). Hasil baca 2 interview tersebut dibuat 1ringkasan dalam bentuk MIND MAP (cukup 1 MIND MAP saja). Mind Map dikumpulkan dalam bentuk file gambar format JPG, ke othie115@gmail.com paling lambat Rabu 1 Februari 2012. File JPG menjadi attachment pada email yang harus memiliki subjek khusus dengan format : MindMap [kelas] [NIM] contoh : MindMap A 23100999 atau MindMap B 23100888.

Untuk membuat mindmap, gunakan freesoftware XMIND yang dapat diunduh secara gratis, atau gunakan aplikasi MindMap online seperti Mind42.

Memahami pengguna
Workshop desain
Merancang dengan tujuan terarah (Goal Directed Design)
Merancang untuk kolaborasi dan komunikasi
Aspek afektif
Merancang interaksi
Identifikasi kebutuhan dan membangun kebutuhan
Merancang prototype
Usability
Inovasi Antarmuka
Presentasi Proyek

Komponen Penilaian Tugas (45%) Proyek kecil (15%) Proyek akhir (25%) TTS (15%)

Sumber-sumber Informasi :
Krug, S.(2006).Don't Make Me Think: A Common Sense Approach to Web Usability. Edisi 2. New Riders.
Sharp, H., Rogers, Y.& Preece, J.(2006) .Interaction design: human-computer interaction. Edisi ke 2. John Wiley and Sons.
User Interface Engineering
Shneiderman, B & Plaisant, C. (2010). Designing the user interface: Strategies fr effective human-computer interaction. 5th ed. Boston, MA: Addiosn-Wesley.








17 Jan, 2012 | othie |

Bahasa Indonesia - Format Proposal Skripsi SI

Format Proposal Skripsi Prodi Sistem Informasi
1. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
1.2. Rumusan Masalah
1.3. Batasan Masalah
1.4. Tujuan Penelitian

2. LANDASAN TEORI

3. METODE PENELITIAN

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

15 Jan, 2012 | othie |

© 2007 yoursite.com | Designed by DesignsByDarren
Ported to Nucleus CMS: Suvoroff