E-Journal

Electronic Journal pada umumnya merupakan versi digital dari jurnal tercetak yang sudah ada. E-Journal tersedia melalui berlangganan langsung kepada penerbit e-journal atau membayar akses ke penyedia database e-journal. Penyedia database e-journal biasanya mengumpulkan berbagai macam e-journal yang berisi artikel ilmiah untuk kemudian menyediakan layanan jasa akses ke artikel-artikel ilmiah tersebut.

Ribuan bahkan ratusan ribu artikel ilmiah dari berbagai penerbit jurnal ilmiah yang dikelola oleh penyedia dengan mengkatagorikan dalam bermacam database : computing, medical, humanities, business dan library science. Tidak jarang beberapa katagori menjadi satu database untuk mempermudah bagi mereka menjual paket akses database ke calon pelanggan.
Jenis tulisan yang penyedia kumpulkan beragam : artikel ilmiah, thesis/disertasi, paper, artikel koran, review buku, dan artikel majalah. Karya tulis yang beragam itu kedalaman aksesnya bergantung pada kesepakatan penyedia dengan penerbit. Beberapa penerbit mempersilahkan akses penuh (full text) tetapi penerbit-penerbit lain hanya menyediakan akses sampai abstrak saja, atau akses penuh tapi setelah masa terbit jurnal versi cetaknya berumur 1-2 tahun. Ini disebut embargo.

Kebaharuan dari artikel ilmiah jurnal lebih tinggi dari buku teks. Topik penelitian yang disajikan baru dan diterbitkan sesuai dengan topik tiap edisi. Kebaharuan ini membantu pengguna untuk mencari ide dan sumber informasi untuk penelitian atau karya ilmiah yang akan dilakukan. Ketersediaan secara online memudahkan distribusi dan akses, tapi juga berharga sangat mahal.
Untuk itu Perpustakaan Nasional Indonesia menyediakan akses ke berbagai database e-journal yang mereka langgan dan mereka sajikan untuk siapapun di Indonesia yang menjadi anggota Perpusnas. Untuk syarat yang mudah itu dapat langsung dipenuhi secara online di http://e-resources.pnri.go.id/ dengan mendaftarkan diri menjadi anggota perpusnas untuk mendapatkan nomor anggota, dan nomor anggota tersebut digunakan untuk mendaftarkan akun untuk akses elektronik jurnal di e-resource.

Mengakses database e-journal membutuhkan strategi sederhana untuk mendapatkan sumber informasi yang dibutuhkan. Misalnya untuk mengakses PROQUEST :
1. Tentukan database yang dianggap sesuai dengan bidang ilmu atau topik penelitian
2. Tentukan kata kunci, dalam bahasa Inggris, untuk mendapatkan artikel jurnal
3. Pada hasil pencarian gunakan berbagai atribut seperti: tahun terbit, jenis karya dan subjek untuk menyaring hasil.
4. Baca judul dan abstrak untuk tentukan artikel mana yang dianggap tepat
5. Tentukan artikel lalu kirim beserta teks nya (PDF atau HTML) ke email sendiri untuk mendapatkannya.
Pencarian sering kali tidak mudah karena kata kunci yang dipilih, tetapi PROQUEST memberikan alternatif kata kunci yang dapat dipakai sehingga pengguna dengan mudah menggunakan untuk pencarian selanjutnya.

TUGAS PENCARIAN E-JOURNAL di PROQUEST
1. Kirimkan melalui PROQUEST 2 Bibliografi dan abstrak artikel ilmiah atau disertasi yang sesuai untuk mendukung rumusan masalah Anda.
2. Tuliskan NIM pada judul
3. Tuliskan Rumusan masalah pada message.



30 Sep, 2013 | othie
« Prev item - Next Item »
---------------------------------------------

Comments


No comments yet. You can be the first!


Leave comment

This item is closed, it's not possible to add new comments to it or to vote on it

© 2007 yoursite.com | Designed by DesignsByDarren
Ported to Nucleus CMS: Suvoroff