Framework Pendukung Proses Seleksi, Kategorisasi, dan Abstraksi dalam Penyusunan Rencana Strategis Organisasi

Gloria Virginia, PhD ; Umi Proboyekti, S.Kom, MLIS
Laporan Penelitian

Abstrak
Berangkat dari kenyataan bahwa metode partisipatif diterapkan oleh begitu banyak organisasi baik berskala nasional maupun internasional dalam penyusunan rencana strategis (salah satunya adalah Keuskupan Agung Semarang, yang saat ini sedang berproses menyusun rencana strategis jangka panjang), dan kenyataan bahwa analisis terhadap data kualitatif dalam rangka menentukan isu strategis membutuhkan waktu yang sangat panjang, muncul sebuah ide untuk membangun sebuah sistem komputer (aplikasi) pendukung proses analisis. Peneliti menyadari bahwa untuk
merealisasikan ide ini dibutuhkan sebuah perjalanan panjang, apalagi jika aplikasi ini bisa sampai pada otomatisasi proses analisis. Meskipun demikian, usaha untuk menuju ke sana perlu dimulai dari sebuah langkah kecil.
Dalam rangka menjaga kualitas aplikasi, pembangunannya dibungkus dengan kerangka penelitian. Tujuan dari penelitian saat ini adalah membangun sebuah framework penyusunan rencana strategis untuk mendukung proses analisis data kualitatif, yaitu seleksi, kategorisasi, dan abstraksi, dalam rangka menentukan isu strategis. Framework ini akan dievaluasi berdasarkan usability evaluation dengan mempertimbangkan 5 faktor, yaitu efisiensi, tingkat kesalahan pengguna, kemudahan dipelajari, kemudahan diingat, dan kepuasan pengguna.
Laporan akhir penelitian ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban Tim Peneliti kepada pihak pemberi dana, dalam hal ini LPPM UKDW dan Keuskupan Agung Semarang. Laporan ini merupakan dokumentasi dari segala hal yang dilakukan dan dihasilkan, termasuk kendala yang dihadapi oleh Tim Peneliti sejak penelitian dimulai, yaitu pada awal bulan Maret 2014, sampai saat laporan akhir ini disusun, yaitu pada awal bulan Desember 2014.
Salah satu output penelitian yang sekaligus merupakan kontribusi nyata peneliti terhadap masyarakat adalah aplikasi yang ready-to-use untuk digunakan kapanpun dan dimanapun pengguna berada. Aplikasi tersebut bernama Sindu SKA-RenStra. Hasil usability evaluation yang dilakukan terhadap target utama pengguna aplikasi Sindu SKA-RenStra, yaitu Tim 12, menunjukkan hasil yang positif. Meskipun demikian, ada
banyak catatan untuk pengembangan aplikasi.
Ketika laporan ini ditulis, Sindu SKA-RenStra sedang digunakan oleh Forum Pemantau Independen (Forpi) Yogyakarta untuk membantu mereka menganalisis data kualitatif hasil survey “Integritas Layanan Publik” yang akan diberikan kepada Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai pertimbangan dalam penentuan kebijakan publik.

Akses penuh fulltext


09 May, 2016 | othie
« Prev item - Next Item »
---------------------------------------------

Comments


No comments yet. You can be the first!


Leave comment

This item is closed, it's not possible to add new comments to it or to vote on it

© 2007 yoursite.com | Designed by DesignsByDarren
Ported to Nucleus CMS: Suvoroff