IDENTIFIKASI DIGITAL LITERACY MASYARAKAT BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Budi Susanto, S.Kom, MT ; Umi Proboyekti, S.Kom, MLIS
Laporan Penelitian - LPPM UKDW 2015

Abstrak
Dalam rangka untuk mendukung visi menuju Bantul cybercity, dipandang perlu untuk melihat kesiapan aparat dan masyarakat desa. Desa menjadi subyek yang dinilai penting untuk dapat mulai menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), secara khusus dengan menerapkan Sistem Informasi Desa (SID). Aplikasi SID yang digunakan oleh Pemerintahan Kabupaten Bantul sampai saat ini didasarkan pada aplikasi yang dikembangkan oleh Combine Institute. Selain untuk mendukung penerapan e-Government di tingkat desa, terdapat fungsi lain, yaitu jurnalisme warga yang sangat membutuhkan peran serta warga di desa, misalnya keterlibatan dari karang taruna desa.
Untuk melihat kesiapan sumber daya manusia (SDM)-nya, pada penelitian ini dilakukan penilaian yang berkaitan dengan literasi digital. Penilaian literasi digital yang dilakukan bertujuan untuk melihat kesiapan SDM secara khusus terkait kesiapan aparat dan warga dalam perannya sebagai jurnalisme warga. Ada 3 modul penilaian yang diujikan, yaitu modul ketrampilan dasar menggunakan layanan WWW, layanan email, dan ketrampilan dasar aplikasi pengolah kata.
Dari 37 responden di 6 desa yang telah disepakati, rata-rata hasil literasi digital adalah 76.36% untuk ketrampilan dasar menggunakan layanan WWW, 64.39% untuk ketrampilan dasar menggunakan email, dan 73% untuk ketrampilan dasar menggunakan aplikasi pengolah kata. Rata-rata kelulusan tersebut masih di bawah standar minimal kelulusan, yaitu 85% dari seluruh tugas untuk tiap modulnya. Dari dasar itulah, penelitian ini juga memberikan rekomendasi tentang ketrampilan apa saja yang masih perlu ditingkatkan bagi ke-enam desa tersebut, secara khusus bagi aparat dan karang tarunanya agar dapat menjalankan fungsi sebagai jurnalis warga.

Akses penuh FULLTEXT


09 May, 2016 | othie
« Prev item - Next Item »
---------------------------------------------

Comments


No comments yet. You can be the first!


Leave comment

This item is closed, it's not possible to add new comments to it or to vote on it

© 2007 yoursite.com | Designed by DesignsByDarren
Ported to Nucleus CMS: Suvoroff