Identifikasi Kriteria Evaluasi Sumber Informasi untuk Kebutuhan Akademik Mahasiswa Studi kasus : Fakultas Teknologi Informasi UKDW

Umi Proboyekti, S.Kom, MLIS ; Dhian Agustin Widyaningrum, S.Hum
Laporan Penelitian - Fakultas Teknologi Informasi UKDW 2015

ABSTRAK
Evaluasi informasi dari Internet dilakukan untuk mendapatkan informasi yang dapat diandalkan sehingga informasi yang disusun dapat dipertanggungjawabkan. Mahasiswa menggunakan informasi dari Internet dalam menyelesaikan tugas-tugas akademiknya. Dalam proses mencari dan menentukan informasi yang akan digunakan, para mahasiswa mengevaluasi dengan caranya. Dalam cara evaluasi, ada kriteria yang digunakan untuk menetapkan informasi yang dipercaya. Penelitianmengidentifikasi kriteria-kriteria yang digunakan oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKDW. Melalui wawancara dan praktik evaluasi sumber informasi dari Internet yang dilakukan responden, didapatkan kriteria yang digunakan.Relevansi informasi dengan kebutuhan untuk tugas akademik adalah kriteria utama. Penulis dan penerbit kurang mendapat perhatian. Dalam pencarian, atribut judul, URL dan deskripsi yang disajikan mesin pencari digunakan untukmenentukan informasi yang akan dievaluasi.

1.1. Latar Belakang
Di era digital sekarang ini, informasi disajikan dalam berbagai bentuk dan diperoleh dari berbagai sumber, baik cetak maupun secara elektronik. Salah satu sumber informasi elektronik ialah Internet. Sumber informasi dari Internet juga menjadi salah satu sumber yang digunakan mahasiswa untuk memenuhi berbagai kebutuhan informasi termasuk kebutuhan akademik. Informasi dapat diperoleh dengan cepat, murah dan beragam, membuat Internet menjadi pilihan sebagai sumber informasi.
Informasi dari Internet dapat berasal dari manapun dan siapapun. Hal ini tentu membuat informasi mempunyai penulis, bentuk, format, bahasa, serta latar belakang yang berbeda-beda. Internet menyediakan ruang gerak yang lebih bagi setiap orang untuk menyajikan dan menyebarluaskan informasi sehingga terjadi informasi yang jumlahnya sangat besar. Karena hal tersebut, harus ada pertimbangan yang lebih dalam memilih sumber informasi dari Internet.
Pertimbangan yang digunakan berbeda dari pertimbangan ketika memilih buku di perpustakaan melalui katalog perpustakaan. Perpustakaan menyediakan sumber informasi yang sudah melalui tahap evaluasi dan diterbitkan oleh lembaga penerbit, sehingga pemilihan lebih pada relevansi antara informasi dan kebutuhan informasi. Informasi dari sumber internet belum melalui tahap evaluasi seperti informasi yang disajikan di perpustakaan. Dengan demikian, pertimbangan relevansi antara informasi dan kebutuhan informasi saja tidak cukup untuk mendapat informasi yang dapat diandalkan dari sumber informasi dari Internet.
Kebutuhan informasi akademik membutuhkan informasi yang dapat diandalkan dan digunakan sesuai dengan etika akademik. Plagiarisme menjadi salah satu masalah etika akademik dan hukum yang berpotensi terjadi karena banyak dan mudahnya informasi tersaji di Internet. Karena itu dalam penelitian ini akan dilakukan identifikasi terhadap kriteria yang digunakan oleh mahasiswa ketika mengevaluasi informasi dari sumber internet. Kriteria-kriteria yang diperoleh dari mahasiswa akan memberikan gambaran profil kemampuan mahasiswa dalam mengevaluasi sumber informasi dari Internet. Profil tersebut akan menjadi materi untuk memberikan rekomendasi materi kemampuan dasar bagi mahasiswa terkait penggunaan sumber informasi dari Internet.


1.2. Rumusan Masalah
Kriteria-kriteria standar untuk evaluasi sumber informasi dari Internet adalah penulis, penerbit, domain, relevansi waktu dan relevansi isi. Namun demikian, belum diketahui kriteria yang digunakan mahasiswa ketika melakukan evaluasi terhadap sumber informasi yang berasal dari Internet untuk mendukung tugas akademik.

1.3. Batasan Masalah
Data penelitian berasal dari responden dan bersifat kualitatif. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi, program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Total mahasiswa FTI yang registrasi pada Semester Genap 2014/2015 adalah 966 mahasiswa dari 673 mahasiswa TI dan 293 mahasiswa SI. Responden berjumlah77 mahasiswa FTI dengan rincian 19 mahasiswa dari SI dan 58 mahasiswa TI.
Kriteria-kriteria yang menjadi rujukan diperoleh dari hasil analisis standar evaluasi sumber informasi dari SCONUL(SCONUL Working Group on Information Literacy, 2011), University of Edinburgh(The University of Edinburgh, 2015), University of California Santa Cruz(University of California Santa Cruz, 2015), 7 Langkah Knowledge Management (Lien, Gunawan, Aruan, Kusuma, & Adriyanto, 2014)dan Project Information Literacy University of Washington(Head & Eisenberg, 2010). Kriteria-kriteria standar yang menjadi rujukan adalah Penulis, Penerbit, Domain dan Relevansi.
Penulis adalah pihak yang menuliskan informasi dan bertanggung jawab terhadap isi. Individu, sekelompok individu, atau organisasi dapat bertindak sebagai penulis. Informasi yang ditulis dipublikasikan di Internet oleh pihak penerbit. Penerbit pun dapat berupa individu, atau organisasi. Penerbit informasi di Internet juga terkait dengan domain. Jenis domain menggambarkan penerbitnya dan mendukung penulisnya. Domain pemerintah seperti .gov atau variasinya menjelaskan bahwa penerbit dan penulis berelasi dengan organisasi milih pemerintah. Informasi yang disajikan pun dikaitkan dengan domain. Informasi yang tersaji dapat dianggap sebagai informasi yang relevan atau tidak relevan oleh penggunanya. Relevansi waktu terkait keterbaharuan informasi atau kekinian dari informasi.
Penelitian fokus pada kebutuhan informasi akademik untuk tugas karya tulis ilmiah dan tugas pemrograman. Dua tugas akademik ini berlaku untuk di kedua program studi dan dialami oleh semua mahasiswa di kedua program studi.


1.4. Tujuan Penelitian
Menghasilkan profil kemampuan evaluasi informasi mahasiswa sebagai dasar rekomendasi materi literasi informasi dasar dan kemampuan dasar bagi mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi guna memenuhi kebutuhan akademiknya. Rekomendasi ditujukan kepada Perpustakaan dan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana.

Akses penuh Fulltext


09 May, 2016 | othie
« Prev item - Next Item »
---------------------------------------------

Comments


No comments yet. You can be the first!


Leave comment

This item is closed, it's not possible to add new comments to it or to vote on it

© 2007 yoursite.com | Designed by DesignsByDarren
Ported to Nucleus CMS: Suvoroff