Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak

Berbicara tentang rekayasa perangkat lunak, bukanlah berbicara tentang pemrograman untuk membangun sebuah perangkat lunak. Apa yang dibahas di dalam rekayasa perangkat lunak adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk membangun perangkat lunak dan kegiatan yang menaunginya sehingga perangkat lunak yang dihasilkan sesuai dengan standar mutu yang ditentukan.
Mengajarkan dan mengikuti kuliah rekayasa perangkat lunak (RPL) sama-sama tidak mudahnya. Mengajarkan suatu konsep memerlukan kreatifitas sehingga konsep tersebut tidak hanya dapat dibayangkan dan masuk akal, tapi juga menarik. Memahami suatu konsep yang tidak terpikirkan saat melakukan pemrograman memerlukan imajinasi dan analogi yang membantu diterima secara logis.

Pada umumnya mahasiswa Teknik Informatika dan Sistem Informasi lebih mengutamakan pemrograman, karena menurut mereka itu adalah kemampuan inti yang harus dikuasai. Pada kenyataannya, banyak kemampuan lain yang mungkin selama ini dianggap sebelah mata, justru menjadi penopang dan penentuk proses membangun perangkat lunak: kerja sama dalam tim, kemampuan berkomunikasi, kemampuan membuat dokumentasi, kemampuan wawancara, kemampuan belajar cepat bidang lain di luar pemrograman dan sebagainya.

Dalam rekayasa perangkat lunak umumnya ada beberapa kegiatan yang senantiasa ada pada model proses apapun : identifikasi kebutuhan, desain, pengkodean, penerapan dan pemeliharaan. Dari kegiatan-kegiatan yang berurutan tersebut, pengkodean baru dapat dilakukan jika kebutuhan sudah dikumpulkan dan diketahui lalu didesain. Pengkodean yang sering menjadi fokus mahasiswa ini tidak berhenti ketika selesai, tapi ada pemeliharaan yang pasti terkait juga dengan kebutuhan. Kegiatan lain yang menaungi rekayasa perangkat lunak adalah jaminan mutu perangkat lunak [SQA- Software Quality Assurance]. Pada dasarnya, setiap kegiatan memilik standar bagaimana kegiatan tersebut seharusnya dilakukan untuk menghasilkan produk yang diinginkan.

Matakuliah RPL semester ini banyak mengadopsi bab-bab di buku Pak Roger S Pressman, Software Engineering: A Practioner's Approach. Selain itu informasi yang dikelola lokal dan tidak kalah menarik untuk dibaca dan didiskusikan adalah dari Pak Romi Satria Wahono, secara khusus di kumpulan tulisan tentang Software Engineering. Sumber pengetahuan lokal lain adalah ilmukomputer.com pada katagori Rekayasa Perangkat Lunak.


13 Sep, 2008 | othie
« Prev item - Next Item »
---------------------------------------------

Comments


No comments yet. You can be the first!


Leave comment

This item is closed, it's not possible to add new comments to it or to vote on it

© 2007 yoursite.com | Designed by DesignsByDarren
Ported to Nucleus CMS: Suvoroff