Penelusuran Informasi di Internet dengan Mesin Pencari

Google adalah mesin pencari atau search engine untuk mencari informasi di Internet. Selain Google masih ada mesin pencari lain seperti Yahoo! Ask, Mamma, Bing, DogPile dan Duck Duckk Go. Selain mesin pencari, ada jenis alat pencari lain : pencarian meta (metasearch) atau direktori (directory).
Bantuan lain seperti Tombol Saya Lagi Beruntung/I'm Feeling Lucky akan membawa Anda ke halaman web yang URL-nya terletak pada peringkat pertama untuk hasil kueri Anda. Penelusuran model "Saya Lagi Beruntung" ini berarti lebih sedikit waktu yang akan dihabiskan untuk menelusuri satu-satu halaman yang ada dan lebih banyak waktu untuk melihatnya.

Googling adalah suatu istilah yang berarti mencari informasi di Google atau menggunakan Google. Sekalipun Googling bukanlah suatu kata, tapi istilah ini sering digunakan. Pada dasarnya menggunakn Google sangat mudah. Kata kunci yang dimasukkan bebas, dan akan menghasilkan hasil pencarian. Masalahnya, tanpa kata kunci yang spesifik sesuai dengan kebutuhan informasi kita, maka hasil yang diperoleh pun berbeda.

Cara Googling yang spesifik adalah :
1. Pilihlah kata kunci yang berupa kata benda
2.Gunakan tanda kutip contoh : “Search Strategies”, artinya mencari dokumen tentang dua kata tersebut dengan urutan seperti yang tertulis.
3.Gunakan tanda minus (-) untuk menyaring suatu kata. Contoh : Search Strategies -google.
4.Gunakan operator situs untuk menetapkan domain dari situs yang kita inginkan contoh : site:gov
5.Gunakan operator file type untuk tentukan hasil pencarian sesuai tipe filenya. Contoh : file type:pdf.

Untuk memudahkan pencarian yang spesifik, gunakan Advanced Search dan tentukan kata-kata kunci yang ingin dicari atau dihindari. Dengan menggunakan Advanced Search, memudahkan pengguna untuk menentukan pencarian sesuai kebutuhan.

Search tool pada Google membantu untuk menyaring hasil pencarian agar sesuai dengan kondisi yang ditentukan seperti waktu terbit, dan katagori ketepatan hasil. Dengan kata kunci yang sama, dapat ditemukan dalam berbagai bentuk seperti image, books, recipe, patents, maps, blogs dan news misalnya.

DuckDuckGO (www.duckduckgo.com) adalah mesin pencari yang memberikan hasil pencarian mendetil pada suatu domain, dan memberikan jalan pintas (shortcut) ke situs-situs lain seperti AMAZON, WIKIPEDIA, IMAGE-BING, IMAGE-GOOGLE, YOUTUBE, NEWS, MAP dengan cara yang sederhana yaitu menggunakan simbol tanda seru (!).

Hasil pencarian detil pada domain tertentu dihasilkan berdasarkan hasil pencarian awal. KAta kunci yang ditentukan oleh pengguna akan menghasilkan hasil pencarian, dan setiap hasil pencarian terdapat link MORE RESULTS, klik pada link tersebut akan mengarah ke hasil pencarian berdasar kata kunci awal di domain hasil pencarian yang dipilih tadi.

Jalan pintas ke situs-situs dapat dilakukan dengan mengetikan kata kunci lalu memilih situs khusus yang disediakan pada drop down menu, atau dengan mengetikkan !a (untuk akses ke Amazon) atau !w (wikipedia) misalnya di belakang kata kunci. Contoh : Student Centered Learning !a (akan mengarahkan pencarian ke Amazon untuk mencari buku tentang Student Centered Learning).


Metasearch adalah mesin pencari yang mencari informasi pada beberapa mesin pencari sekaligus, contohnya DOGPILE, MAMMA . Mereka menggunakan mesin-mesin pencari lain untuk mencari informasi dan hasilnya ditampilkan. Metasearch membantu pengguna untuk mendapatkan variasi hasil dari beberapa mesin sekaligus.

Sementara direktori adalah alat pencari yang sudah menyajikan daftar topik untuk membantu arah pencarian seperti topik pendidikan, kesehatan, belanja dan sebagainya. Yahoo : http://dir.yahoo.com/ dan DMOZ : http://www.dmoz.org/ adalah contoh direktori. Pencarian dengan direktori kadang dibutuhkan ketika fokus pencarian hanya pada hal tertentu, misalnya mencari jurusan tertentu dalam hal studi lanjut di di negara tertentu.

Sumber :
Notess, Greg R. “The Review of Google”. Search Engine Showdoen: the User Guide for Web Searching. Oct, 10 2006. Akses di http://www.searchengineshowdown.com/features/google/review.html. Nov, 12 2008.

DuckDuckGo, www.duckduckgo.com


23 Sep, 2014 | othie
« Prev item - Next Item »
---------------------------------------------

Comments


No comments yet. You can be the first!


Leave comment

This item is closed, it's not possible to add new comments to it or to vote on it

© 2007 yoursite.com | Designed by DesignsByDarren
Ported to Nucleus CMS: Suvoroff